Sukses

Parenting

Alasan Menyusui Adalah Cara Sehat Turunkan Berat Badan Setelah Hamil

Fimela.com, Jakarta Menyusui adalah hal yang sudah semestinya dilakukan ibu setelah melahirkan. Menyusui bukan hanya bermanfaat untuk bayi, namun juga untuk tubuh ibu sendiri.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 4.922 perempuan menyusui menemukan bahwa berat badan mereka turun rata-rata 1,68 kg lebih dalam enam bulan setelah melahirkan dibandingkan ibu yang tidak menyusui setelahnya.

Secara umum lemak yang disimpan di dalam tubuh akan diubah menjadi bahan bakar ASI dan diberikan kepada bayi bersamaan dengan nutrisi yang didapat dari makanan.

Sebenarnya segera setelah melahirkan, berat badan sudah turun 5-7 kg. Diikuti dengan proses pemulihan akan membutuhkan banyak energi sehingga di sini jugalah kalori akan lebih banyak dibakar.

Dilansir dari Verywellfamily, dengan menyusui, tubuh akan kembali ke bentuk normal lebih cepat karena hormon-hormon yang dilepaskan tubuh ketika menyusui akan menyebabkan kontraksi otot di rahim yang mana akan membuatnya perlahan menyusut. Pada minggu ke-6 setelah melahirkan, rahim akan kembali ke ukuran semula dan perut akan terihat lebih ramping.

Bukan hanya menjadi cara alami turunkan berat badan, menyusui juga punya manfaat kesehatan lain seperti menurunkan risiko kanker payudara, kanker ovarium, biabetes dan depresi setelah melahirkan.

Dan yang paling penting untuk mendukung penurunan berat badan selama menyusui adalah konsumsi makanan sehat dan hindari lemak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading