Sukses

Parenting

4 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Ketika hamil, ibu membutuhkan banyak nutrsisi untuk dirinya sendiri dan bayi dalam rahimnya. Dari banyaknya nutrisi yang diperlukan tubuh, ternyata hanya empat yang paling esensial atau penting untuk dicukupi selama masa kehamilan.

Seperti dilansir Healthline, ini sekian nutrisi penting yang harus dipenuhi ibu selama hamil.

1. Protein

Protein, terutama asam amino sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan sehat jaringan janin, termasuk bagian otak. Protein juga dibutuhkan untuk perkembangan jaringan payudara dan rahim selama hamil, meningkatkan suplai darah dan mlancarkan aliran darah ke bayi.

2. Kalsium

Kalsium terutama perlu dikonsumsi setiap hari karena bayi membutuhkan banyak kalsium untuk membentuk tulang. Paling tidak, ibu hamil butuh 3 porsi makanan maengandung kalsium setiap harinya. Kalsium juga berperan mempertahankan kekuatan tulang ibu sendiri agar tidak rapuh.

3. Zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah, pada bayi maupun tubuh ibu. Bekerja sama dengan sodium, kalium dan air, zat besi akan membantu menguatkan se darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan ke bayi.

4. Folat

Asam folat berperan penting memastikan pertumbuhan sehat bayi dan mencegah cacat pada bayi, teurtama risiko cacat pembentukan otak dan saraf tulang belakang. Folat bisa didapat dari berbagai makanan seperti alpukat, brokoli, kacang-kacangan, telur dan berbagai sayuran berdaun hijau.

Catat empat nutrisi penting di atas dan jangan sampai tidak memenuhinya setiap hari selama hamil ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading