Sukses

Parenting

Kaki Bengkak dan Nyeri saat Hamil Tua, Ini Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Bertambahnya berat badan selama masa kehamilan adalah hal yang wajar selama tidak berlebihan. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin membesarnya perut, secara otomatis juga akan memberi tekanan pada beberapa bagian tubuh tertentu, seperti kaki dan tangan.

Umumnya, bagian kaki akan mengalami pembengkakan dan nyeri. Jangan kaget jika hal ini terjadi selama hamil. Dilansir dari Healthline, bahkan pembengkakan akan lebih parah jika ditambah dengan adanya retensi cairan dalam tubuh, yaitu kondisi di mana tubuh menahan air sehingga menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh.

Tekanan ekstra di tubuh bagian bawah akan menimbulkan spider veins dan varises, yaitu keadaan di mana pembuluh darah muncul ke permukaan akibat tekanan dalam tubuh. Untuk mengatasinya, ini yang bisa dilakukan.

  • Pastikan minum banyak air putih dan hindari makanan asin atau banyak garam.
  • Lebih banyaklah mengistirahatkan kaki, luruskan kaki ketika duduk dan jangan ditekuk terlalu lama.
  • Jangan mengenakan celana ketat, stoking atau legging yang memberi banyak tekanan, atau pembengkakan akan semakin parah.

Pembengkakan pada kaki sehingga tampak seakan kaki melepuh akan menimbulkan rasa kebas atau mati rasa bahkan nyeri saat berjalan. Jika merasa tak bisa mengatasinya, segera konsultasikan dengan dokter karena bisa jadi pembengkakan kaki merupakan tanda preeklamsia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading