Sukses

Parenting

Madu Tak Boleh Diberikan pada Bayi, Hingga Usia Ini!

Fimela.com, Jakarta Meskipun menjadi makanan sehat karena merupakan gula alami, namun madu tidak sebaiknya dikonsumsi bayi yang baru lahir hingga usia tertentu. Karena sebagai makanan mentah, madu juga mengandung bakteri yang bisa membahayakan kesehetan bayi.

Lalu kapankah ibu boleh memberikan bayi madu? Dilansir dari Healthline, para ahli menyarankan untuk menunggu hingga bayi berusia paling tidak satu tahun untuk mengenalkan si kecil pada makanan bernama madu. Hal ini berlaku untuk semua madu, baik yang belum diolah maupun yang diolah.

Risiko utama yang bisa menyerang bayi karena memberikan madu adalah botulisme. Bayi di bawah usia enam bulan madu adalah yang paling rentan mengalaminya karena pencernaannya masih lemah. Bayi bisa terkena botulisme karena makan spora Clostridium botulinum yang ada di tanah, yang kemungkinan ada di dalam madu karena dibawa lebah.

Spora ini akan berubah menjadi bakteri di dalam usus bayi dan memproduksi racun di dalam tubuh. Botulisme adalah masalah kesehatan yang tak bisa diabaikan, karena 70 persen bayi dilaporkan harus menerima bantuan pernapasan hingga 23 hari setelah mengalami hal ini.

Hanya karena madu memiliki rasa manis dan sehat, jangan kemudian langsung memberikan madu pada bayi secara sembarangan ya Moms. Ketahui waktu yang tepat untuk memberikannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading