Sukses

Parenting

Ini Berat Ideal Ibu Hamil agar Bayi Tak Terlalu Gemuk

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil pasti akan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini wajar atau sudah biasa. Namun, bila kenaikannya hingga tiga kali lipat kenaikan berat badan rata-rata ibu hamil, maka bayi yang dilahirkan cenderung terlalu gemuk. Inilah yang harus diwaspadai oleh para ibu hamil.

Ibu hamil memang tetap harus menjaga kenaikan berat badan selama kehamilan dan jelang melahirkan. Berat badan yang naiknya kurang terkontrol cenderung akan membuat si bayi juga terlalu gemuk di dalam kandungan. Lalu, berapakah berat badan yang ideal agar bayi tak terlalu gemuk?

Data menunjukkan bahwa seharusnya ibu hamil antara 16-20 minggu rata-rata memiliki BMI rata-rata di bawah 25 dan di atas 18,5 baru dibilang sehat. Sementara mereka yang memiliki BMI di bawah 18,5 cenderung menderita kekurangan gizi, sedangkan di atas 25 cenderung overweight.

Lalu, apa sih yang bisa dilakukan untuk menjaga agar berat badan ibu hamil tetap ideal? Disarankan agar bumil tetap berolahraga dengan mengikuti senam kehamilan secara rutin. Manfaatnya tak hanya membantu mengatur pernafasan dan mempersiapkan kelahiran, namun juga untuk menjaga agar berat badan tetap ideal dan BMI tetap stabil.

Kecukupan nutrisi memang harus dimaksimalkan, tetapi jangan sampai berlebihan agar tidak mengganggu kehamilan dan juga kesehatan si janin. Berkonsultasilah dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading