Mengapa Saat Hamil Muda Tak Boleh Makan Seafood?

Ivana Okta10 Des 2018, 13:52 WIB
hamil muda

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil wajib menjaga asupan yang masuk dalam tubuhnya. Sedang hamil memang tak boleh makan sembarangan. Ada beberapa makanan bernutrisi yang boleh dimakan, dan ada pula yang tidak. Salah satu makanan yang sebaiknya tak dimakan saat sedang hamil muda adalah seafood. Mengapa demikian?

Ternyata ada beberapa makanan yang berbahaya bila dikonsumsi ibu hamil. Salah satunya adalah makanan laut atau seafood. Ikan laut atau seafood punya banyak vitamin dan protein yang tinggi. Selain itu, ikan laut juga punya kandungan Omega 3 yang terbaik. Namun, sayangnya di usia kehamilan muda, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan laut.

Ini karena ternyata kandungan merkuri di dalam seafood bisa menyebabkan kerusakan pada otal bayi. Saat hamil, lebih baik menghindari makanan seperti cumi, mackerel, udang, kepiting, dan lain sebagainya.

Tidak hanya ibu hamil, yang sedang merencanakan kehamilan juga harus mewaspadai makan seafood yang mengandung merkuri. Jika mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri, maka zat tersebut akan terkumpul di dalam aliran darah. Jika zat ini terkumpul terlalu banyak, maka akan mengganggu perkembangan otak dan sistem saraf pada janin.

Untuk lebih jelasnya bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan soal makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi selama hamil.