Sukses

Parenting

4 Cara Menenangkan Anak yang Sedang Marah Tanpa Melukai Perasaannya

Ketika anak-anak marah, tidak jarang ini membuat orang tua merasa kesulitan untuk menenangkannya. Dan ketika anak terus menerus marah, kesal juga ngambek, tentunya ini akan membuat orang tua tertekan bahkan stres. Sebenarnya mom, membuat anak lebih tenang dan nyaman serta tidak mudah marah bukan perkara sulit. Sebagai orang tua, kita pasti bisa menenangkan anak yang sedang marah tanpa melukai perasaannya.

Bagaimana cara menenangkan anak yang sedang marah tanpa melukai perasaannya? Dikutip dari laman parents.com, inilah sedikitnya 4 cara menenangkan anak yang sedang marah.

Bicara Baik-Baik
Ketika anak marah jangan memarahinya pula. Bicaralah dengan anak dengan nada yang halus, sabar dan hati-hati. Bicara pula dengan kata-kata yang menenangkan dan membuat hati mereka tersentuh. Anak-anak akan lebih tenang ketika orang tuanya terutama sang ibu bisa meyakinkannya dengan kata-kata yang halus, baik-baik dan penuh perhatian.

Dengarkan Keluhan Anak
Anak marah dan kesal tentunya terjadi karena alasan tertentu. Untuk menenangkan perasaannya, dengarkan keluhan anak dengan seksama. Dengarkan apa yang diinginkan anak, biarlah mereka merajuk. Jika Mom sudah mendengar keluhan anak, bicaralah dengannya dengan baik-baik. Nasehati dengan kata-kata yang halus dan mampu menyentuh hatinya juga membuka pemikirannya.

Berikan Pelukan
Kontak fisik seperti pelukan adalah cara paling efektif dari orang tua untuk membuat anaknya lebih tenang. Mom, berikan pelukan hangat penuh cinta kepada anak yang sedang marah. Bisikkan kata-kata yang bisa membuatnya tenang dan tunjukkan bahwa kamu merasakan apa yang sedang dirasakan anak.

Meski Menghadapi Anak dengan Sabar, Tetaplah Tegas
Walau mom adalah seseorang yang sangat sabar dalam menghadapi anak, usahakan agar kesabaran tersebut juga seimbang dengan ketegasan. Mom boleh sangat bersabar kepada anak tetapi bukan berarti memanjakan anak. Tegaslah terhadap anak yang berbuat salah, nasehati dan ajaklah ia untuk memperbaiki kesalahannya.

Mom, itulah sedikitnya empat cara untuk mengatasi anak yang sedang marah. Semoga cara ini bermanfaat. Jika Mom punya cara lain dalam menenangkan anak yang sedang marah, jangan lupa share cara tersebut di kolom komentar ya. Pengalaman mom sangat berarti buat mom lain di sini.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading