Sukses

Parenting

Tips Mudik untuk Ibu Hamil, Pastikan Mom Memperhatikan Ini

Mom, dalam hitungan hari kita akan merayakan lebaran. Tahun ini sudah bersiap untuk mudik ke mana? Perjalanan mudik memang selalu menyenangkan, membayangkan bertemu dengan keluarga tentu akan membuat mom tidak sabar untuk segera mudik.

Jika mom tahun ini sedang hamil, tentu perjalanan mudik bukanlah perjalanan yang biasa. Mom harus mempersiapkan sebaik mungkin agar selama perjalanan mom tetap nyaman dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah tips perjalanan mudik bagi ibu hamil. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Usia kehamilan yang aman untuk melakukan perjalanan mudik adalah 14-28 minggu, hindari perjalanan yang terlalu jauh jika usia kehamilan kurang dari 12 minggu.
  2. Jika usia kehamilan lebih dari 28 minggu pastikan mom berkonsultasi terlebih dahulu bersama dokter, untuk mendapat surat rekomendasi.
  3. Saat mom memilih perjalanan darat, ada baiknya istirahat setiap 2 jam perjalanan. Jangan terlalu memaksakan diri.
  4. Pakai pakaian yang nyaman agar mom tetap relaks selama perjalanan mudik.
  5. Sediakan obat-obat pribadi, agar dapat digunakan sewaktu-waktu mom membutuhkannya.
  6. Usahakan kaki mom mendapatkan ruang yang nyaman untuk menghindari kram.
  7. Bawa bantal kecil untuk menyangga bagian belakang punggung mom agar punggung tidak terasa nyeri akibat adanya tekanan dari perut .
  8. Pilih tempat duduk yang nyaman dan memudahkan ruang gerak mom, saat hamil ruang gerak mom terbatas.
  9. Siapkan kantung muntah, apalagi jika usia kehamilan mom masih muda.
  10. Selalu sediakan camilan yang mom sukai dan aman bagi kesehatan, seperti biskuit, coklat, atau buah-buahan. Pastikan kebutuhan cairan mom terjaga.

Mom, demikian 10 hal yang perlu diperhatikan saat mudik dan mom sedang hamil. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mudik, selamat pulang.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading