Penting! Berikut 4 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Anak

Fimela21 Jun 2018, 19:30 WIB
Mendengarkan Musik/copyright unsplash.com/@alireza_attari

Selain mengenalkan pendidikan formal, mengenalkan si kecil dengan musik ternyata memiliki banyak manfaat. Bernyanyi dan mendengarkan musik merupakan salah satu media yang tepat untuk mendidik anak. Yup, bukan tanpa sebab karena musik memiliki manfaat yang banyak untuk anak.

Mom, berikut ini adalah 4 manfaat mendengarkan musik bagi perkembangan anak. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Respon Sensorik

Seperti merasakan tekstur, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan respon sensorik terhadap suara. Mendengarkan suara yang berbeda dapat membantu otak si kecil menjadi lebih responsif. Selain itu musik juga membantu si kecil untuk mengidentifikasi suara benda.

2. Meningkatkan Kemampuan Akademis

Saat si kecil beranjak besar, mereka akan mulai membaca lagu. Secara langsung hal ini akan melatih memori jangka pendek dan panjangnya untuk mengingat. Metode mengingat tersebut nantinya bisa mereka gunakan untuk mengingat juga banyak hal lain. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa di usia lebih besar anak yang bermain musik lebih memahami pelajaran fisika dasar.

3. Melatih Disiplin

Bermusik dan mendengarkan musik tidak hanya sekadar memainkan musik dan instrumen yang berbeda. Lebih dari itu bermusik dapat melatih disiplin dan kesabaran anak. Pasti ada perbedaan besar antara memainkan musik dengan lembut karena terlatih, dengan permainan yang terdengar kasar hanya karena bisa memainkan musik.

4. Memudahkan Belajar Angka dan Huruf

Musik membuat anak lebih mudah mengenal angka dan huruf. Masih ingat dengan lagu tentang huruf dan angka? Yup, ternyata musik yang menempel pada lagu ini memang sengaja diciptakan agar mudah diingat. Hmm, pantas belajar angka dan huruf begitu menyenangkan.

Mom, demikian 4 manfaat yang dapat diperoleh mendengarkan musik bagi si kecil. Jadi musik apa favorit si kecil? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)