Kenali 3 Ciri-Ciri Anak yang Berotak Cerdas

Fimela18 Jul 2018, 10:00 WIB
Parenting/ Copyright : pexels.com

Siapa yang tidak menginginkan seorang anak yang cerdas? Semua orang pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya agar bisa tumbuh menjadi individu yang berguna di masa depan. Cerdas yang dimaksud tidak hanya dalam akademik melainkan juga dalam pribadi dan kehidupan sosialnya.

Dilansir dari hai bunda, seorang psikolog anak dan remaja, Ratih Zulahqqi mengungkapkan ada tiga ciri anak cerdas yaitu mampu beradaptasi, bisa menyelesaikan situasi yang bermasalah, dan mereka bisa belajar dari kesalahan. Sehingga, anak bisa mengerti dan tidak akan mengulang kesalahan yang pernah ia lakukan.

Seorang anak yang mampu beradaptasi dapat dipengaruhi oleh temperamen yang dimiliki oleh anak. Temperamen ada berbagai macam seperti temperamen easy (mudah beradaptasi), slow to warm up (butuh waktu untuk beradaptasi), dan difficult (sulit beradaptasi).

Faktanya, temperamen ini bisa dibilang bawaan dari lahir dan bersifat genetik. Jadi temperamen anak juga bisa turun dari orangtua. Namun temperamen ini bisa diminimalkan, seperti anak yang termasuk difficult child bisa dikasih kesempatan untuk sering bertemu orang lain di lingkungan baru.

Saat itulah orangtua baiknya tidak perlu mendorong-dorong anak atau memaksa mereka. Dengan moms mengajaknya untuk masuk ke lingkungan baru dan diajarkan secara perlahan maka pasti mereka akan bisa beradaptasi. Setelah ia bisa beradaptasi sendiri, maka orangtua perlu untuk memberikannya apresiasi.

Lalu, pada anak yang bisa menyelesaikan situasi saat ada masalah artinya anak tidak sedikit-sedikit merengek minta tolong ketika mereka berada di situasi sulit. Dari sini, orangtua perlu memahami bahwa anak perlu menyelesaikan masalahnya sendiri.

Ratih juga menambahkan bahwa ketiga ciri ini tidak berbanding terbalik, artinya jika anak tidak memiliki ketiga ciri tersebut bukan berarti mereka tidak cerdas. Jadi perlu melihat lagi apa masalah yang bisa diselesaikan dan adaptasi yang harus sesuai tahapan perkembangan anak. Kita sebagai orangtua juga harus tahu tahap perkembangan anak dan tugas perkembangan anak. Yuk mulai dari sekarang belajar jadi orangtua yang baik!

(vem/mgg)