Ini Alasan Anak Tak Mau Makan Buah dan Sayur

Fimela20 Jul 2018, 10:40 WIB

Anak kecil umumnya ogah diminta makan buah dan sayur. Bahkan jika warna-warna sayuran dan buah sebenarnya cukup menarik perhatian anak-anak karena punya banyak warna yang terang dan cerah.

Tapi tahukah Moms apa alasan anak tak mau makan buah dan sayur? Seperti dikatakan Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan, Doddy Izwardy, anak-anak lebih memilih makanan yang mudah dimakan dan punya rasa yang kuat.

Beberapa makanan yang kuat dan disukai anak-anak sayangnya tidak cukup sehat, seperti kue, es krim, mie, sosis dan lain sebagainya, dibandingkan makanan yang punya rasa dan aroma alami seperti buah dan sayur. Kebanyakan makanan tersebut punya kandungan gula dan garam tinggi.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mengeluarkan regulasi Permenkes No 30 tahun 2013 yang diamandemen dengan Permenkes No 63 Tahun 2015 yang menetapkan batasan konsumsi gula, garam dan lemak. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit tidak menular (PTM) seperti kegemukan dan lainnya.

Konsumsi gula, garam, dan lemak sebaiknya tidak lebih dari 50 gram (4 sendok makan) gula, 2000 miligram natrium/sodium, atau 5 gram garam (1 sendok teh), dan untuk lemak hanya 67 gram (5 sendok makan minyak) menurut Kementerian Kesehatan RI.

Memang butuh usaha agar anak mau makan buah dan sayur, tidak perlu memaksakan kehendak, cukup beri contoh yang baik setiap harinya sambil memberikan berbagai macam buah dan sayur sedikit demi sedikit padanya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)