Tidak Selalu Berarti Lapar, Yuk Kenali 5 Arti Tangisan Bayi Berikut Ini

Fimela02 Agu 2018, 18:00 WIB
Parenting/ Copyright : unsplash.com

Saat bayi baru lahir pasti akan mengeluarkan suara tangisan yang biasanya langsung diartikan sebagai tangisan lapar. Nah, saat Mom sudah menyusui namun ia masih menangis, lantas Mom menganggap bahwa ASI kurang. Padahal bisa saja bayi tidak merasa lapar, melainkan ia hanya menguap.

Perlu diketahui bahwa bayi menangis bukan berarti lapar. Seperti yang Mom tahu bahwa menangis adalah salah satu cara bayi untuk berkomunikasi. Tapi bagi orang dewasa, tangisan itu tandanya hanya lapar saja. Sebelum membuat tangisannya semakin rewel, berikut ini arti tangisan bayi yang bisa Mom pahami.

1. 'Neh' artinya lapar

Suara 'neh' akan terdengar saat bayi mencoba mengisap dan meletakkan lidahnya di atap langit-langit mulutnya. Bisa juga bayi menunjukkan lapar dengan mengisap jari-jarinya atau mengarahkan kepala dan wajahnya ke payudara ibunya. Ada baiknya Mom untuk segera merespons tangisan bayi yang kelaparan.

2. Tangisan melengking artinya sakit

Bayi akan langsung menangis dengan suara kencang saat kesakitan. Pokoknya saat mendengar suara ini bikin Mom langsung ingin lari ke arah bayi.

3. 'Owh' artinya lelah

Ternyata bayi juga bisa lelah dengan tanda ia menangis mirip suara 'owh' dan terlihat seperti menguap. Mungkin saja ini tanda bahwa si kecil sudah banyak beraktivitas dan butuh tidur siang. Konon suara 'owh' itu merupakan refleks menguap bayi.

4. Sedikit-sedikit menangis artinya bosan

Menghibur bayi tentunya akan sangat mudah karena ia baru saja lahir ke dunia. Meski begitu, ternyata ia juga bisa bosan. Nah, kalau Mom mendengar bayi sedikit-sedikit nangis atau rewel, itu tandanya ia bosan. Disarankan untuk mengubah posisi bayi atau memberi mainan baru untuk mengusir kebosanan.

5. 'Eh, eh' artinya ingin bersendawa

Suara ini mirip dengan suara orang dewasa yang sedang berusaha bersendawa. Cara membantu menyendawakan bayi bisa dengan meletakkan bayi di salah satu pundak Mom sambil ditepuk lembut punggung atasnya. Setelah gas keluar, tentu si kecil akan lebih merasa lega.

Nah, itulah arti tangisan bayi yang harus Mom pahami. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)