WHO merekomendasikan Waktu Yang Tepat Untuk Anak Melakukan Aktivitas Fisik

Fimela03 Agu 2018, 11:32 WIB
Pexels.com

Bermain di luar rumah merupakan tempat terbaik bagi anak-anak prasekolah untuk berlatih dan menguasai keterampilanfisik yang muncul. Di luar rumah, anak-anak dapat secara bebas mengalami keterampilan motorik seperti berlari, ataupun melompat.

Menurut World Health Organization (WHO), waktu yang harus digunakan untuk aktivitas fisik anak adalah 1 (satu) jam setiap harinya. Aktivitas fisik dalam bentuk permainan juga dapat merangsang perkembangan dan kemampuan otak pada anak.

Menanggapi lebih lanjut, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH selaku Dokter Konsultan Tumbuh Kembang Anak mengatakan, Bermain merupakan bagian dari stimulasi yang menjadi kebutuhan anak agar tumbuh kembang optimal. Maka dari itu, aktivitas fisik di luar rumah perlu dilakukan anak dan dapat meningkatkan keterampilan dan kesehatan anak.

Selain itu, peran orang tua harus aktif dan ikut serta dalammeningkatkan aktivitas outdoor anak. Lebih lanjut, dr. Bernie menjelaskan manfaat dari aktivitas bermain di luar ruangan lainnya ialah Meningkatkan kemampuan bersosialisasi , Meningkatkankemampuan koordinasi, kekuatan, dan kontrol motorik, Mengajarkan strategi bermain, Eksplorasi dan menghargai alam, Mendapatkan paparan sinar matahari dan juga berlatih bermaindalam tim untuk berani mengambil risiko.

"WHO menyarankan satu jam melakukan aktivitas gerak, satu jam tersebut bukan dilakukan dalam satu waktu. Melainkan dibagi dalam beberapa waktu dalam sehari, seperti ajarkan anak berjalan kaki pergi ke sekolah, jika sekolahnya dekat, naik tangga di dalam rumah, main sepeda,"ujar dr. Bernie saat ditemui dalam acara Early Learning Centre (ELC), di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Nah, Moms dalam rangka menyambut perhelatan akbar ASIAN Games 2018, gerai penyedia mainan edukatif asal Inggris, Early Learning Centre (ELC) mengajak para orangtua meluangkan waktu bermain di luar dengan anak dan memperkenalkan seri mainan khusus olahraga dan luar ruangan yang bisa dimanfaatkan pada momen orangtua dan anak.

"Momentum dari perhelatan olahraga ini kita jadikan ajang untuk mengingatkan kembali para orangtua akanpentingnya aktivitas fisik dan bermain di luar bersama anak. Melalui seri mainan sports & activity ini kami ingin mengajakpara orangtua dan anak untuk merasakan pengalamanmenyenangkan dari aktivitas luar ruangan. Seri Sports & Activity dari ELC ini telah dirancang untuk lebih dari sekadarmainan untuk anak, melainkan menjadi media edukasi yang dapat mengembangkan kemampuan motorik, kreatifitas sertasosial selama mereka bermain di luar ruangan," ujar Abi Shihab, Marketing Manager ELC Indonesia.

(vem/asp)