Funtopia, Solusi Agar Anak Tidak Kecanduan Internet

Fimela15 Agu 2018, 08:53 WIB

Tak bisa dipungkiri lagi, kini tantangan orangtua mengasuh anak bukan hanya berfokus pada pendidikan dan nutrisi saja. Melainkan diera digital ini, orangtua memiliki tantangan untuk mengawasi anak bermain internet.

Hasil Riset UNICEF bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2014 lalu menunjukkan bahwa 30 juta anak dan remaja Indonesia sudah menggunakan internet secara intens, hingga lima jam sehari.

Sedangkan, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Global Pediatric Health menunjukkan bahwa penggunaan perangkat teknologi selama berjam-jam berpotensi mengganggu kualitas tidur dan nutrisi anak. Tingginya interaksi dengan layar pada siang hari, tidak memungkinkan mereka untuk cukup bergerak dan aktif secara fisik. Pada akhirnya, ini bisa mengganggu kemampuan anak untuk mengatasi masalah, bergerak, berpikir dan berkegiatan.

“Tanggung jawab kita sebagai pihak yang lebih dewasa, untuk membuat anak-anak tertarik pada aspek kehidupan sosial,” ujar Tascha Liudmila sebagai penulis buku Screen Time saat ditemui dalam peluncuran Funtopia, di Jakarta, Selasa (14/8).

Lebih lanjut, Tascha menjelasakan dalam hal ini, orangtua perlu menetapkan batasan yang konsisten terhadap penggunaan perangkat digital oleh anak dan menggantikannya dengan aktivitas bersama keluarga. Selayaknya perkembangan fisik dan kepribadian anak, perkembangan kreativitas terkait erat dengan pola asuh.

Artinya peran orangtua sangat penting dan usia prasekolah merupakan rentang usia yang tepat untuk mengembangkan kreativitas mereka. Melihat hal tersebut, orangtua pun dituntut untuk menjadi kreatif agar anak-anak tidak kecanduan internet.

Tascha menyarankan orangtua bisa membacakan buku anak atau mengajaknya beraktivitas outdoor, untuk meningkatkan aktivitas fisik anak dan menciptakan momen kebersamaan bersama keluarga. Seperti Traveloka yang bekerjasama sengan Beyond Screen Production yang menghadirkan Funtopia, sebuah arena balon bermain terbesar di Indonesia. Rangkaian acara Funtopia akan diadakan pertama kali di Bintaro XChange Park, Bintaro XChange Mall pada 17–30 Agustus 2018.

Mia Lukmanto, CEO dan Founder Beyond Screen Production menjelaskan, saat ini, tren penggunaan gadget sudah tidak memandang usia dan anak usia prasekolah sudah paham teknologi. Artinya, kreativitas para orangtua dalam menyediakan kegiatan pengganti screen time anak sangat dibutuhkan, karena aktivitas fisik sangat sangat berperan dalam menstimulasi kecerdasan anak.

“Otak dan daya tahan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik, sehingga pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan pemberian nutrisi. Untuk itu Funtopi hadir untuj memberi solusi agar orangtua bisa mengajak anak melakukan aktivitas outdoor,” paparnya.

Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka, menjelaskan, arena permainan outdoor dengan ragam hiburan yang bisa dinikmati seluruh keluarga sepanjang hari merupakan sebuah konsep yang langka untuk kehidupan perkotaan saat ini, dan Funtopia berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk segala usia.

“Untuk alternatif hiburan lainnya, pengguna dapat berkunjung ke situs web maupun aplikasi Traveloka dan memilih menu Aktivitas & Rekreasi, yang senantiasa menyediakan akses mudah dan ragam pilihan untuk pemesanan tiket hiburan dan rekreasi keluarga,” paparnya.

Mia menambahkan, Funtopia, sebagai arena balon bermain pertama terbesar di Indonesia, konsep ini tidak hanya menjadi pilihan kegiatan yang kreatif untuk anak prasekolah, tapi juga bisa dinikmati anak segala umur termasuk orangtuanya. Harapannya, Funtopia bisa menjawab kebutuhan orangtua akan alternatif hiburan yang kreatif dan menyenangkan untuk seluruh keluarga.

Jam operasi Funtopia tersedian pada weekend pk. 07:00–22:00, weekdays pk. 15:00–22:00, khusus hari libur nasional pk. 10:0–22:00.Selain menyediakan taman dengan balon raksasa yang hadir dalam berbagai bentuk karakter yang menarik bagi anak, seperti Old Octopus, Crown Castle dan Mighty Mushroom, Funtopiajuga menyediakan area untuk food and beverage dan area untuk school performance. Sejak akhir Juli 2018, pemesanan tiket Funtopia sudah bisa dilakukan melalui Traveloka, dengan harga menarik.

(vem/asp)