5 Pelajaran yang Bisa Didapatkan Si Kecil Dari Berolahraga

Fimela15 Agu 2018, 10:00 WIB
Parenting/ Copyright : freepik.com/ jcomp

Saat masa senang-senangnya bermain, si kecil pastinya akan mencoba berbagai macam permainan bersama teman-temannya agar pertemanan mereka semakin seru. Biasanya anak perempuan lebih suka masak-masakan, sedangkan anak laki-laki tentunya sangat suka bermain sepak bola. Tapi, tahukah Mom kalau bermain sepak bola bukan hanya tentang permainan saja?

Olahraga memang bisa membuat anak menjadi sehat, namun ada alasan lain mengapa anak perlu utnuk berolahraga. Pasalnya olahraga juga bisa membentuk karakter dan kepribadiannya di masa yang akan datang. Dengan berolahraga maka ia bisa mendapatkan beberapa kemampuan di bawah ini.

1. Dia bisa menghargai peraturan
Olahraga tentu saja memiliki aturan pemain dan tim agar bisa terlaksana dengan baik, olahraga akan bisa dimainkan jika ada peraturan yang berlaku. Dengan berolahraga maka si kecil bisa belajar tentang kewenangan peraturan dan bisa menghargai adanya peraturan dalam setiap hal yang akan ditemuinya nanti.

2. Dia bisa punya sikap gigih
Olahraga bisa membantu anak-anak untuk bisa belajar bahwa mereka bisa mengatasi kesulitan. Pasalnya dalam berolahraga pasti ada yang menang dan ada yang juga kalah, sehingga ia bisa belajar banyak tentang sikap gigih dan pantang menyerah dalam mengatasi kesulitan yang ada.

3. Dia bisa menghargai orang lain
Orang akan bisa menunjukkan karakternya saat merasakan kegagalan. Si kecil akan bisa belajar bagaimana cara mengatasi rasa sakit hati dan frustasi dengan tetap menghormati orang lain. Selain itu, mereka juga akan belajar tetap rendah hati saat menang dalam permainan olahraga. Olahraga memang dipercaya bagus untuk melatih sikap dan mental seseorang.

4. Dia bisa melatih keberanian
Olahraga akan melatih sifat beraninya karena bisa mengolah fisik dan emosinya saat bertanding. Pastinya ia akan menjadi lebih berani mengambil resiko yang ada untuk bisa memenangkan pertandingan olahraga bersama temannya.

5. Dia belajar teamwork
Terakhir yang tak kalah penting adalah olahraga bisa mengajarkan anak tentang kemampuan kerjasama dalam tim. Dengan memiliki tim, anak akan bisa bekerjasama, membutuhkan bantuan orang lain, dan bisa belajar sosialisasi dengan orang lain.

Nah, itu dia yang pelajaran yang bisa didapatkan anak dari berolahraga. Ternyata selain bikin sehat, olahraga juga bisa melatih soft skill dan karakter yang dimiliki anak. Setuju Mom?

(vem/mgg)