Anak Suka Pilih Makanan, Gunakan Cara Ini Biar Dia Bisa Makan Lahap!

Fimela16 Agu 2018, 10:00 WIB
Parenting/ Copyright : freepik.com

Memiliki anak yang suka pilih-pilih makanan, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua. Biasanya anak yang suka pilih makanan akan susah mencoba makanan baru maupun makanan yang belum pernah ditemuinya. Mom bisa jadi makin repot kalau dia punya sifat ini.

Namun, tak perlu khawatir karena dilansir dari Imom, ada cara mudah agar anak tak pilih-pilih soal makanan. Pastinya Mom bisa lakukan hal ini secara perlahan terlebih dahulu.

1. Libatkan anak saat membeli dan menyiapkan makanan
Dengan melibatkan anak saat membeli makanan, tentunya ia akan bia mengeksplor berbagai bentuk dan warna dari banyaknya pilihan bahan makanan. Selain itu, Mom bisa mengajarinya cara memasak seperti memotong dan mencampurkan makanan di kantor. Dengan ia belajar banyak tentang tekstur, tampilan, dan aroma dari makanan, maka ia akan tidak merasa asing jika ada makanan yang belum pernah dicobanya.

2. Jangan memaksanya untuk mencoba makanan baru
Mom bisa sering menaruh makanan baru di atas meja makan agar ia terbiasa dengan bau dan tampilan makanan tersebut. Mungkin memang membutuhkan waktu lama agar ia tertarik untuk mencobanya, namun lama kelamaan tentunya ia akan bisa menikmati makanan tersebut.

3. Batasi waktu anak makan cemilan manis
Biasanya anak akan mendapatkan banyak kalori dari cemilan manis dan cemilan lainnya. Untuk itu Mom perlu membatasi waktu makan cemilan dengan waktu makan siang dan malam. Jika ia sering memakan cemilan, tentunya ia akan merasa kenyang dan jadi tidak mau makan makanan utama.

4. Berikan pilihan makanan
Ketika Mom mencoba untuk menghidangkan makanan, buatlah menjadi dua pilihan dengan menambahkan makanan sehat seperti roti gandum, buah, ataupun keju. Tujuan melakukan hal ini adalah seandainya ia tidak mau makan makanan baru, maka ia bisa makan makanan yang sehat. Jadi, Mom tak perlu khawatir jika ia menolak makanan baru, karena ia masih bisa mendapatkan nutrisi dari makanan sehat tersebut.

5. Biarkan anak menghargai rasa laparnya
Sebagian orangtua biasanya suka memaksa anak makan atau memberikan cemilan saat ia merasa tidak lapar, hal ini secara tidak langsung mengajarkan mereka untuk mengabaikan rasa lapar dan membuatnya suka makan tanpa kenal waktu. Untuk itu Mom perlu menyesuaikan jam makan agar ia bisa lapar sesuai waktunya.

Nah, terlihat mudah bukan? Mom bisa menyesuaikan cara ini agar ia merasa lebih nyaman sehingga bisa makan lebih lahap. Selamat mencoba!

(vem/mgg)