Sukses

Parenting

Alasan Mengapa Tidak Dianjurkan Mencuci Tangan Terlalu Sering Untuk Anak

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah mengalami permasalahan kulit. dr. Matahari Arsy, SpKK memaparkan, permasalahan kulit yang sering dihadapi anak yaitu pertama, Eksim popok, yaitu kondisi kulit di area selangkangan dan bokong bayi kemerahan hingga bruntusan.

Kedua, Eksim Atopik, permasalahan ini memiliki ciri – ciri kulit yang kering lalu gatal, ruam kemerahan, retak kulit pada lipatan kulit, penebalan kulit, hingga eksudat (pengeluaran cairan kulit).

Terapi utama yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kulit anak adalah dengan edukasi orang tua mengenai penyakitnya, cara merawat kulit area popok, dan obat tambahan yang diresepkan sesuai kondisi eksim anak. Perawatan disesuaikan dengan keadaan eksim saat itu, seperti derajat keparahan, luas infeksi, kondisinya kering atau basah, lokasi, serta apakah mengganggu tidur atau tidak. Untuk eksim popok, perawatan yang dapat dilakukan bila tidak terinfeksi, yaitu dengan diberikan krim atau salep mengandung anti radang dan pasta pelindung kulit.

"Bila anak sudah terinfeksi maka terapi dikombinasi menggunakan krim atau salep sesuai penyebab infeksi. Terapi lainnya mungkin perlu ditambahkan seperti obat minum sesuai kondisi anak," ujarnya saat ditemui dalam acara 'Sewindu Bamed', di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan,masyarakat sering beranggapan bahwa penggunaan sabun antiseptik, sering cuci tangan, pengolesan minyak dan bedak ke badan anak, penggunaan tisu basah, penggunaan sunscreen itu penting. Tetapi faktanya, melakukan hal tersebut bila tidak dilakukan dengan tepat dapat memberikan efek yang tidak diinginkan.

Penggunaan sabun antiseptik, sering mencuci tangan dan pengolesan minyak pada kulit anak yang lebih tipis dapat menimbulkan iritasi. Pemberian bedak yang berlebihan terutama area di atas perut berbahaya bila terhirup, sedangkan pemberian sunscreen pada bayi dibawah 6 bulan lebih banyak efek samping dibandingkan dengan efek perlindungannya.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading