Mom Tak Perlu Pusing, Ini Dia Solusi Penambah Nafsu Makan Anak

Fimela24 Agu 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2018, 10:00 WIB
Parenting/ Copyright : freepik.com

Memberi makan pada anak yang baru belajar makan tentunya selalu menjadi kesulitan bagi para ibu. Anak akan selalu rewel dan selalu menutup mulutnya saat disuapi. Kalau ia sudah bersikap seperti itu, tentunya Mom akan berpikir berbagai cara agar ia bisa tertarik dengan makanannya.

Dilansir dari HaiBunda, menurut dr Juwalita Surapsari SpGK, ada cara mudah dan simpel yang bisa Mom coba untuk bisa merangsang nafsu makan anak. dr Juwalita mengatakan bahwa faktanya nafsu makan anak juga sama dengan makan orang dewasa. Tentunya orang dewasa akan lebih tertarik dengan makanan yang punya tampilan menarik dan baunya enak. Mom sebagai orang dewasa pun akan bisa lebih tertarik makan jika melihat ada orang yang makan suatu makanan dan terlihat menikmatinya.

Misalnya, jika Mom ingin anak suka makan sayur, maka Mom juga harus menyukai sayur dan menikmatinya. Dengan cara ini anak akan berpikir 'kok kayaknya enak banget' sehingga ia bisa menjadi tertarik dengan apa yang lihat dan dengar bahwa makanan itu enak. Pastinya anak akan meniru orangtua untuk bisa menikmati makanan yang biasa ia tolak.

Anak susah makan / Copyright : freepik.com

Selain meniru orangtua, penting juga untuk memperhatikan tampilan makanan yang bagus. Anak-anak akan lebih suka makanan yang berwarna atau yang lucu daripada makanan yang tampilannya biasa saja.

dr Juwalita juga menambahkan kalau orang tua juga tidak boleh patah semangat untuk memperkenalkan makanan yang belum pernah anak temui. Hal ini juga didukung dengan penelitian bahwa anak akan mau menerima jenis makanan tertentu setelah diberi 10-15 kali. Jika ia masih menolak, berarti Mom perlu berhenti dan mengganti dengan makanan yang biasa dimakan atau disuka. Setelah terbiasa, maka Mom bisa kenalkan lagi makanan tersebut pada hari selanjutnya.

Terakhir, Mom juga bisa menyuapi anak dengan bernyanyi, bercerita atau mengajak anak bermain menebak makanan apa yang akan dia makan agar ia bisa lebih punya selera makan dan suasana menjadi menyenangkan.

(vem/mgg)