Sukses

Parenting

Mom, Yuk Mulai Ajarkan Si Kecil untuk Berbicara dengan Suara Lembut

Pada umumnya, anak-anak terutama balita suka sekali berteriak saat berbicara. Mereka akan semakin melakukan hal tersebut saat bermain dengan teman seusianya. Dengan berteriak, ia akan merasa gembira karena bisa mengekspresikan perasaan mereka. Terkadang si kecil juga pernah berteriak saat berbicara dengan Mom.  Memang hal itu bisa termasuk dalam sikap yang tidak sopan, karena anak perlu diajarkan untuk memiliki sikap sopan dengan mengontrol suaranya.

Seperti yang dilansir dari dream, menurut seorang psikolog anak bernama Katherine Lee mengatakan bahwa sangatlah penting untuk mengajarkan anak berbicara dengan suara yang lembut. Berteriak boleh saja asalkan melihat kondisi dan situasi tertentu sehingga ia harus bisa menurunkan level suaranya pada suatu waktu tertentu juga. Tentunya peran orangtua sangatlah penting agar bisa mendidik anak untuk menggunakan suara lembut dengan jelas.

Caranya yang pertama adalah Mom bisa mencontohkannya terlebih dahulu dengan berbicara dengan suara yang jelas dan lembut saat berbicara dengannya. Jika jaraknya terlalu jauh, mom bisa mendekatinya agar lebih jelas. Dengan begini anak akan secara langsung memahami kebiasaan yang sering dilakukan oleh orangtua sehingga bisa terbiasa berbicara dengan suara yang lembut juga. Tentunya hal ini bisa dinilai sebagai sikap yang lebih sopan dan lebih diterima. Para orangtua juga perlu sadar untuk menggunakan suara yang lembut agar anak bisa mengikutinya.

Memang anak akan mencobanya sesekali, maka dari itu Mom harus sabar untuk mengajarkannya. Dengan ia bisa mengontrol suara, ia bisa belajar tata krama dan kesopanan. Mom juga bisa selalu mengingatkannya untuk menghindari berteriak di tempat umum seperti tempat ibadah, rumah sakit, ataupun tempat wisata. Selamat mencoba!

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading