Cara Mengatasi Bayi yang Susah Makan MPASI

Fimela04 Sep 2018, 18:00 WIB
copyright pexels.com/amsw photography

Sejak usia 6 bulan sebaiknya bayi sudah dikenalkan pada MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Ini mengingat bahwa bayi juga butuh asupan nutrisi lain selain ASI (Air Susu Ibu).

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, maka kebutuhan akan nutrisi dan vitamin dalam dirinya juga ikut bertambah. Mom pun harus pandai-pandai memberikan MPASI yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuhnya. Mom juga harus pandai-pandai memilih makanan yang disukai bayi namun tetap mengandung segala hal yang dibutuhkan tubuh bayi.

Saat memberi MPASI ke bayi, ini bisa gampang-gampang susah. Gampang ketika bayi begitu senang dengan MPASI yang diberikan dan makan dengan lahapnya. Dan terasa susah jika bayi benar-benar menolak MPASI yng diberikan padanya. Lantas, bagaimana mengatasi bayi yang susah makan MPASI? Melansir dari laman  parents.com dan pengalaman beberapa sahabat, ini beberapa cara yang bisa mom lakukan untuk mengatasi bayi susah makan MPASI.

Ketahui Jadwal Makan Bayi
Pastikan mengetahui jadwal makan bayi. Untuk pagi hari, usahakan agar memberi MPASI setelah bayi mandi kira-kira pukul 7 pagi. Karena apa, beberapa bayi akan tidur lagi setelah jam 8 pagi. Memberi MPASI di saat bayi jadwalnya tidur, ini justru akan membuat bayi rewel dan tidak suka makan. Untuk siang hari, usahakan agar memberi MPASI sebelum bayi tidur siang. Sementara saat malam, MPASI bisa diberikan sore hari setelah bayi mandi atau selepas maghrib ketika bayi belum lagi tidur malam.

Sabar Saat Memberi MPASI
Pastikan bahwa mom sabar dalam memberi MPASI bayi. Seberapa lama pun bayi menahan makanannya di mulut, mom harus sabar dan ekstra telaten menyuapi bayi. Selain kesabaran, kreativitas saat memberi MPASI juga diperlukan. Usahakan agar buah hati senang saat.

Perhatikan Bahan MPASI
Perhatikan bahan MPASI yang diberikan pada bayi. Kolaborasikan bahan-bahan yang memang disukai bayi. Cermati makanan apa saja yang disukai buah hati dan apa saja yang tidak disukainya. Pelan tapi pasti, mom akan mengetahui kemudahan saat memberikan MPASI pada buah hati. Variasikan makanan yang diberikan pada buah hati agar ia tidak bosan dengan makanannya.

Beri MPASI Sebelum Bayi Kenyang
Usahakan agar memberikan MPASI sebelum bayi kenyang oleh ASI. Buah hati yang berada dalam kondisi lapar, ia akan lebih mudah makan MPASI yang diberikan. Sebaliknya, buah hati yang sudah kenyang karena telah minum ASI atau makan biskuit, ia akan menolak MPASI yang diberikan padanya. Untuk itu, disarankan agar mom tidak memberi ASI, biskuit atau susu formula kepada bayi yang hendak diberi MPASI.

Memberikan Suplemen Penambah Nafsu Makan
Jika memang hal ini diperlukan, tidak ada salahnya jika mom memberikan suplemen penambah nafsu makan pada buah hati atau bayi. Tapi ingat, pemberian suplemen ini harus dengan resep dokter dan jangan terlalu sering. Terlalu sering memberikan suplemen pada buah hati justru akan memperburuk kesehatannya di masa depan. Dibandingkan dengan memberi suplemen, sebaiknya mom memberikan buah dan sayur cukup pada buah hati.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi bayi yang susah makan MPASI. Semoga cara ini bermanfaat. Jika mom punya cara lain, jangan lupa untuk share pengalaman mom di kolom komentar ya.

(vem/mim)