Popok Bayi Sekali Pakai dan Popok Kain, Sebaiknya Pilih Mana Mom?

Fimela20 Sep 2018, 14:26 WIB
copyright unsplash.com/Picsea

Hadirnya seorang bayi dalam sebuah keluarga tentu menjadi hal yang begitu membahagiakan. Meski begitu, kehadiran seorang bayi ini tidak jarang membuat orang tua harus banyak belajar bagaimana merawat dan memberikan yang terbaik untuk bayinya. Termasuk belajar memilih dan memberikan popok terbaik untuk si bayi.

Disadari atau tidak, memilih popok bayi memang menjadi persoalan yang cukup rumit bagi orang tua. Ketika salah memilih produk popok terbaik, tidak jarang kulit bayi akan mengalami iritasi atau ruam. Popok sendiri adalah popok sekali pakai buang, ada pula popok yang terbuat dari kain dan bisa digunakan beberapa kali asal setelah dipakai dicuci bersih.

Mengenai popok bayi ini, sebenarnya mana yang lebih baik antara popok sekali pakai dan popok kain mom? Melansir dari laman parents.com, kedua popok ini sama-sama baik selama digunakan di waktu tepat dan kebersihannya terjaga.

Untuk popok bayi sekali pakai, pastikan ini digunakan sekali saja. Jika sudah penuh oleh air kencing atau terkena pup bayi, segera ganti popok dengan yang baru. Mengenai popok sekali pakai, ini memang bisa menyerap kotoran bayi lebih banyak, namun di dalamnya mengandung beberapa bahan kimia yang bisa menyebabkan alergi dan iritasi di kulit bayi. Meski begitu mom tak perlu khawatir, bahan kimia di dalam popok bayi aman untuk kesehatan bayi.

Sementara itu, untuk popok kain, popok ini bisa dicuci setelah terkena air kencing atau pup bayi. Popok ini juga terbilang hemat pemakaiannya dan bisa meminimalisir alergi atau iritasi pada kulit bayi. Sayangnya, tidak sedikit popok kain yang rentan bocor saat digunakan. Popok kain juga rentan jadi sarang kuman atau bakteri ketika tidak dicuci dengan baik sampai bersih.

Untuk penggunaan popok bayi ini, kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya mom memilih yang membuat bayi nyaman dan terhindar dari iritasi maupun alergi. Untuk mom yang suka akan kepraktisan, popok bayi sekali pakai bisa jadi pilihan. Tapi, jika mom yakin dengan popok kain bayi akan lebih nyaman dan mom bersedia mencucinya hingga benar-benar bersih, popok jenis ini bisa menjadi pilihan.

Baik atau tidaknya popok untuk buah hati mom, mom sendiri yang bisa menentukan dan merasakannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)