Sukses

Parenting

5 Tahapan Mendidik Anak Untuk Meraih Cita-Citanya, Moms Sudah Melakukannya?

Semua orangtua tentu memiliki impian untuk mewujudkan cita-cita anak-anaknya. Maka sangat penting untuk menyiapkan anak menggapai impian mereka. Apalagi bagi anak-anak generasi Z dan generasi Alfa yang sangat familiar dengan penggunaan gadget, bahkan ketika umur mereka dalam hitungan bulan.

Maka ketika anak mulai memasuki masa sekolah Paud, Kelompok Belajar (KB) atau Taman Kanak-Kanak (TK) orangtua pun harus pintar memilih sekolah agar tumbuh kembang anak semakin maksimal.

Handoko, Kepala Sekolah Paud, KB, TK Hati Suci mengatakan sekolah yang baik ialah dapat mempersiapkan anak-anak menjadi pemimpin di abad 21. Salah satu caranya sekolah harus mengajarkan kreativitas dan komunikasi.

“Kreativitas dan komunikasu menjadi dasar tumbuh kembang anak. Agar anak bisa bersaing di masa depan,” ujar Handoko saat ditemui dalam acara Festival Pendidikan Hati Suci, ‘Bahagia dan Tumbuh Bersama’, di Jakarta Pusat, Sabtu (5/5).

Selain itu, menurut Handoko ada lima hal yang wajib diketahui moms agar anak dapat meraih cita-citanya dan bersaing dengan orang lain di masa depan:

1. Creativity

Di sekolah bukan hanya belajar formal, melainkan bisa belajar sambil bermain. Seperti disela pelajaran anak diajarkan untuk berimajinasi yang dituangkan kepada lukisan.

“Kreativitas salah satunya bisa didapatkan dari art and craft. Jadi tidak ada salahnya anak bisa belajar sambil bermain agar anak dapat menerima pelajaran dengan mudah,” paparnya.

2. Critical Thingking

Di sekolah anak bisa diajarkan untuk memecahkan masalah. Namun tetap sesuai dengan kemampuannya. Hal ini agar anak dapat mudah beradapatasi dengan linkungan.

“Jadi di sekolah Hati Suci, kita kasih project lalu anak-anak memecahkan masalah tersebut, yang penting sesuai dengan kemampuan anak-anak Paud, Kb, dan, Tk. Seperti kemampuan main lego,” ungkapnya.

3. Curiousity

Ajarkan anak bertanggung jawab dengan apa yang telah dilakukan. Seperti ajarkan membereskan mainan setelah mereka bermain atau meminta maaf kepada teman ketika berbuat salah.

4. Collaborasi

Kolaborasi bisa dilakukan di sekolah seperti bermain bersama dengan melakukan permainan yang mengedepankan kerja sama bersama teman. Atau belajar kelompok bersama teman-teman. Hal ini dapat membangun rasa percaya diri pada anak, apabila anak sudah memasuki dunia kerja mereka dapat bekerja sama dengan tim.

5. Communication

Salah satu hal yang wajib diajarkan pada anak-anak sekolah Paud, Kb, dan Tk ialah berbahas Inggris. Sebab, di era globalisasi ini anak-anak akan bertemu berbagai lapisan masyarakat. Nah untuk mempersiapkannya anak-anak harus bisa berbahasa Inggris.

Nah, lima hal tersebut dituangkan ke dalam Festival Hati Suci, lewat tema ‘Bahagia dan Tumbuh Bersama’, yang diadakan Sabtu (5/5) di RPTRA Hati Suci.

“Acara ini dalam rangkaian acara Hari Pendidikan, dan lebih mengenalkan Sekolah Hati Suci yang mengedepankan pendidian karakter dan akademis. Acara ini sendiri terdiri dari berbagai acara seperti mendongeng, fashion show anak-anak menggunakan batik, belajar bahasa Inggris, serya terdapat berbagai mainan untuk mengasah tumbuh kembang anak,” ujar Handoko.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading