Sukses

Parenting

Wapadai Anemia Saat Hamil!

Jika anda sedang hamil dan memiliki tingkat kesibukan yang tinggi, pernahkah anda merasa lelah berlebihan hingga anda merasa tidak akan sanggup untuk melahirkan dan memiliki bayi? Jika ya, anda perlu waspada karena bisa saja anda terserang anemia.

Seperti dijelaskan pregnancy.com.au, pada saat hamil banyak perubahan yang terjadi pada tubuh anda. Perubahan-perubahan ini terjadi secara alamiah untuk menjaga agar wanita yang mengandung dan bayi yang dikandung untuk tetap sehat.Salah satu perubahan dramatis adalah perubahan dalam darah.

Sirkulasi darah dalam tubuh wanita hamil meningkat sebanyak 50%, kebanyakan jumlah yang meningkat ini disebabkan oleh plasma, cairan penting dalam pembentukan sel-sel darah. Meskipun sel darah merah juga meningkat selama masa kehamilan, peningkatannya tidak sebanyak plasma. Ini yang membuat darah terlihat semakin berkurang pada masa kehamilan.

Pada saat hamil, kandungan hemogoblin pada tubuh anda akan menurun. Hemogoblin adalah protein yang ditemukan pada sel darah merah. Zat ini menyalurkan oksigen ke dalam darah dan ini membuat kita tetap hidup dan sehat.

Anemia terjadi ketika sel darah merah berkurang yang bisa dikarenakan berkurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh atau meningkatnya sel darah merah yang hilang. Penyebab utama anemia yang umum adalah tidak cukupnya sel darah merah yang diproduksi tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang ada dalam kandungan, dan ibu yang mengandung kekurangan vitamin dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hemogoblin.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading