Tips Mengatasi Baby Blues Syndrome

Fimela12 Jul 2013, 14:51 WIB

Baby Blues Syndrome sangat sering dialami wanita pasca melahirkan yang membuat wanita merasa takut dan cemas berlebih terhadap bayi dan masa depannya. Untuk menghindari baby blues syndrome berlebih, ada beberapa tips untuk anda loh.

Menurut ecifm.rdg.ac.uk, sebelum melahirkan, mintalah dukungan dari keluarga dan teman-teman anda. Selain itu, carilah informasi tentang perawatan dan kesehatan bayi. Dengan mengetahui informasi tersebut, anda akan lebih siap untuk menjalankan tugas sebagai seorang ibu. Dan yang pasti, persiapkan mental dengna matang ya.

Sementara itu, setelah melahirkan, memang sulit untuk beradaptasi dengan tugas seorang ibu. Namun, anda bisa saja meminta bantuan dari orang tua dan mertua anda. Eits, selain minta bantuan, pelajari juga cara mereka mengurus bayi ya. Ceritakan kesulitan anda pada suami supaya anda tidak merasa seorang diri dalam mengurus bayi anda. Lebih-lebih, berbagi pengalaman dengan ibu-ibu seusia anda juga sangat membantu loh.

Sekalinya si bayi sedang tidur nyenyak, beristirahatlah atau rileks melakukan hobi anda untuk mengurangi stress. Jangan lupa untuk memperhatikan pola makan anda ya. Nutrisi yang masuk ke dalam diri anda akan mempengaruhi kualitas ASI anda, Ladies. Yang terakhir, berikan penjelasan tentang baby blues syndrome pada suami anda agar ia lebih mengerti dengan perubahan sikap maupun sifat anda pasca melahirkan.

Nah, kini anda sudah siap mengemban tugas mulia seorang ibu kan? Semangat ya, Ladies!

Oleh: Asa Pilar

(vem/sfg)