Ibu Hamil: Cegah Bayi Obesitas dengan Vitamin D

Fimela17 Jul 2013, 19:08 WIB

Siapa sih yang ingin anaknya kegendutan dan bisa mengganggu kesehatannya. Asupan nutrisi anak juga perlu dijaga bahkan saat dia belum lahir lho, Bu. Lalu nutrisi apakah yang bisa membuat anak tetap terjaga berat badannya?

Seperti yang diulas di naturalnews.com, ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin D yang cukup menunjukkan hasil yang bagus pada bayinya. Sedangkan ibu dengan asupan vitamin D rendah saat hamil bisa memiliki anak dengan berat badan yang terus meningkat saat besar nanti.

Ketika hamil, asupan vitamin D yang kurang dari 50 nml/liter dikaitkan dengan meningkatnya massa lemak pada anak berumur 4 dan 6 tahun. Anak-anak yang diteliti dan memiliki massa lemak 8% lebih rendah adalah anak dari ibu yang mengkonsumsi 50-75 nmol/liter vitamin D, atau lebih tinggi dari rata-ratu asupan vitamin D.

Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh lain pada kesehatan anak yang dilahirkan dari ibu dengan asupan vitamin D yang cukup. Tingginya kadar vitamin D saat hamil bisa mencegah bayi dari gangguan pernafasan seperti infeksi dan juga menghindarkan resiko bayi terkena alergi.

Jadi, selain mengkonsumsi suplemen vitamin D, Bunda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari telur, daging sapi, dada ayam, ikan teri, dan ikan cod.

Oleh: Agit Diyanita


(vem/sfg)