Resiko-resiko Anak yang Terkena Obesitas

Fimela17 Jul 2013, 21:53 WIB

Obesitas adalah keadaan dimana seseorang memiliki berat badan yang jauh lebih tinggi dari normal. Obesitas ini tidak pernah membawa kebaikan bagi diri seseorang. Sayangnya, semakin tahun, orang-orang yang terkena obesitas semakin banyak saja termasuk anak-anak.

Anak-anak yang terkena obesitas biasanya adalah anak-anak yang tidak memiliki kebiasaan yang sehat. Salah satu contoh kebiasaan yang tidak sehat tersebut adalah dengan menonton televisi terlalu lama. Kebiasaan ini membuat porsi anak-anak untuk berolahraga menjadi sangat berkurang. Selain itu, selama menonton televisi, anak-anak pastilah akan memakan camilan yang jumlah dan kandungan gizinya tidak terkontrol. Kebiasaan inilah yang membuat anak-anak anda mengalami obesitas.

Seperti yang dijelaskan dalam limitv.org, obesitas ini dapat membahayakan anak-anak anda. Mereka memmpunyai kecenderungan yang lebih besar untuk mengalami beberapa permasalahan kesehatan, seperti terjangkitnya anak-anak anda oleh penyakit kronis, tekanan darah anak anda cenderung tinggi, permasalahan pada jantung dan kolesterol tinggi.

Selain permasalahan kesehatan, permasalahan sosial juga dapat terjadi pada anak-anak yang mengalami obesitas. Hal ini terjadi ketika teman-teman anak anda tersebut mulai mengejek anak anda karena berat badannya. Jika dibiarkan, lama kelamaan anak anda dapat menjadi depresi dan juga merasa minder dengan dirinya sendiri.

Hal ini tentu saja tidak dapat dibiarkan begitu saja. Anda, sebagai orang tua, harus bisa mencegah hal ini terjadi. Anda bisa memulainya dengan membiasakan anak-anak anda untuk memulai kebiasaan yang sehat.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/tyn)