Sukses

Parenting

Mengapa Anak harus Membasuh Tangan?

“Sudahkah adek membasuh tangan?” Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang mungkin sering anda ucapkan kepada anak atau mungkin sering anda dengar dulu dari orang tua anda. Mengapa sih anak harus membasuh tangan?

Membasuh tangan merupakan cara terbaik untuk menghentikan kuman untuk menyebar ke dalam tubuh. Bagaimana tidak, dalam sehari anak anda menyentuh banyak benda. Dari sentuhan tersebut, kuman menempel di tangan.

Terlebih lagi, anak sering memasukkan tangan mereka ke dalam mulut. Bahkan, anak juga sering memasukkan makanan yang mereka ambil dengan tangan ke dalam mulut. Bukankah kuman yang menempel di tangan bisa masuk ke dalam mulut dengan gampang?

Kuman yang masuk ke dalam mulut tentu saja akan menyebar. Penyebaran kuman inilah yang membuat anak jatuh sakit. Oleh karena itu, membasuh tangan merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan anak. Berikut adalah waktu  tepat untuk membasuh tangan yang disarankan oleh www.kidshealth.org:

•    ketika tangan anak kotor,
•    sebelum makan atau menyentuh makanan,
•    setelah dari kamar mandi,
•    setelah mengeluarkan ingus dari hidung atau setelah batuk,
•    setelah menyentuh binatang,
•    setelah bermain di luar rumah,
•    sebelum dan setelah mengunjungi teman atau keluarga yang sakit.

Waktu tersebut di atas merupakan waktu yang tepat untuk membasuh tangan. Mengajarkan dan membiasakan anak untuk membasuh tangan merupakan hal yang patut untuk dilakukan kepada anak.

Kebiasan anak sedari kecil akan terbawa hingga dewasa. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan, mari kita ajarkan anak untuk terbiasa membasuh tangan. Jangan sampai anak jatuh sakit cuma karena lupa untuk membasuh tangan , ya.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading