Penyebab Obesitas Pada Anak

Fimela18 Jul 2013, 07:10 WIB

Anak Anda kelebihan berat badannya? Tahukah Anda apa penyebabnya?

Ada beberapa penyebab dari masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, pola hidup yang tak sehat, atau bisa jadi disebabkan oleh keduanya.

Salah satu penyebab anak Anda kelebihan berat badan adalah makanan cepat saji dan atau makanan kalengan yang merupakan makanan favorit anak-anak karena orang tua yang terlalu sibuk untuk membuatkan makanan bergizi.

Terlebih, sekarang banyak sekali benda dan mainan canggih seperti video game dan komputer yang mengalihkan perhatian anak sehingga ia tak lagi bermain di luar rumah. Televisi pun juga ambil andil dalam hal tersebut. padahal, dengan bermain di luar rumah, secara tak langsung anak Anda aktif bergerak seperti halnya jika ia berolahraga.

Dilansir dari kidshealth.org, anak yang berusia di bawah 6 tahun rata-rata menghabiskan waktu mereka sekitar 2 jam di depan layar seperti menonton TV, DVD, atau video. Sementara itu, anak yang berusia di atas 6 tahun atau yang mulai menginjak remaja, rata-rata menghabiskan 4 hingga 5 jam dalam sehari untuk nonton hal tersebut. Jika penggunaan komputer dan video game juga dihitung, waktu yang mereka habiskan di depan layar bisa lebih dari 7 jam per harinya!

Jadi, sudah pasti mereka akan kelebihan berat badan. Karena pada umumnya, anak yang menghabiskan waktu mereka lebih dari 4 jam di depan layar kaca lebih berpotensi untuk mengalami obesitas.

Nah, yuk, buat anak Anda lebih aktif dan pastikan ia makan makanan yang sehat!

sumber:

Oleh: Atik Ulinuha

   

(vem/sfg)