Televisi Sebabkan Anak Obesitas

Fimela18 Jul 2013, 08:02 WIB

Jangan berikan televisi di kamar tidur anak. Kenapa? Karena hal tersebut dapat meningkatkan kemungkinan anak mengalami obesitas. Secara tidak langsung, anak yang baru saja pulang dari sekolah akan dengan leluasa menghabiskan waktu mereka di depan layar kaca.

Menurut kidshealth.org, The American Academy (AAP) menyarankan agar anak yang berusia di atas 2 tahun tidak menghabiskan waktu mereka lebih dari 2 jam di depan layar kaca atau televisi. AAP juga sangat menganjurkan anak di bawah dua tahun untuk tak menghabiskan waktu mereka di depan ayar kaca sama sekali.

Banyak anak jaman sekarang tidak berolahraga secara cukup. Sekali pun jam olahraga di sekolah dapat membantu mereka untuk bergerak dan berolahraga secara aktif, tapi sayangnya banyak sekolah yang mulai mengurangi jam pelajaran olahraga demi pelajaran lain atau demi persiapan ujian nasional.

Padahal, sebaiknya anak yang berusia di atas 2 tahun setidaknya berolahraga atau beraktifitas sekurang-kurangnya 60 menit dalam sehari. Bayi dan anak yang baru belajar berjalan sangat dianjurkan untuk aktif bergerak sekitar 15 menit dalam satu jamnya per hari.

Faktor keturunan juga ambil peran untuk membuat anak Anda mengalami obesitas. Orang tua dan anak biasanya memiliki pola makan dan tingkat beraktifitas yang sama. Jadi, jika orang tua mengalami obesitas, akan sangat memungkinkan bagi buah hati Anda untuk mengalami hal yang serupa.

Jadi, yuk mulai pola hidup sehat dari diri sendiri agar Anda dan buah hati tak mengalami yang namanya obesitas!

Oleh: Atik Ulinuha

   

(vem/sfg)