Keluarga Berperan Penting Dalam Memerangi Obesitas Pada Anak

Fimela20 Jul 2013, 15:40 WIB

Keluarga merupakan lingkungan terkecil di mana anak-anak dapat belajar banyak hal. Bahkan keluarga menjadi tempat pertama untuk mereka belajar bagaimana bersikap. Karena itulah, keluarga juga menentukan kepribadian anak, sikap anak, maupun kebiasaan mereka yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan.

Seperti dilansir oleh medicalxpress.com, keluarga memang membentuk kebiasaan berolah raga maupun kebiasaan hidup sehat pada anak-anak. Mereka yang memiliki ibu yang selalu memotivasi untuk berolah raga secara teratur pada akhirnya akan memiliki sikap hidup sehat. Mereka akan cenderung lebih aktif dan bisa lebih teratur dalam pola makan.

Sayangnya jumlah anak yang mengalami obesitas semakin bertambah. Hal ini memberikan kesan kepada kita sepertinya pendidikan yang diberikan di lingkungan keluarga terkait dengan kebiasaan hidup sehat tidak berjalan dengan baik.

Seorang profesor dalam bidang kesehatan keluarga, Truls Østbye, M.D., PhD, menambahkan bahwa obesitas merupakan sebuah fenomena yang tergolong rumit. Obesitas dapat dipengaruhi oleh faktor biologis dan juga kebiasaan atau sikap. Selain itu, kasus obesitas juga bervariasi di sebuah daerah dan lain daerah.

Hal tersebut semakin memperkuat ide di mana lingkungan juga berperan penting untuk melawan obesitas. Ketika kita tidak dapat menentang faktor biologis, maka faktor kedualah yang harus kita atur.

Dengan membiasakan makan makanan bernutrisi serta berolah raga secara teratur sejak dini, buah hati Anda juga akan membangun kebiasaan ini hingga mereka beranjak dewasa. Batasi pula konsumsi junk food pada anak karena dapat memicu obesitas. So, ubah kebiasaan di rumah Anda mulai dari sekarang.

Wahyu Wienanda



(vem/sfg)