Sebab-Sebab Obesitas Pada Anak

Fimela27 Jul 2013, 19:52 WIB

Tanda-tanda obesitas yang ditunjukkan buah hati sejak dini harus segera diwaspadai oleh ladies. Obesitas pada anak rentan dihubungkan dengan resiko-resiko penyakit seperti serangan jantung dan diabetes ketika anak dewasa kelak. Tentu ladies tidak ingin hal tersebut terjadi pada buah hati ladies, bukan?

Seperti yang dikutip dari laman children.webmd.com, penyebab terjadinya berat badan berlebih pada anak bisa bervariasi. Penyebab obesitas yang lazim adalah faktor keturunan. Apakah ladies mengalami obesitas? Jika ya, maka kecil harapan untuk si kecil memiliki berat badan ideal.

Namun, tentu tak selalu begitu. Memiliki anggota keluarga yang obesitas tak selalu menjamin bahwa anak juga akan mengalami masalah kelebihan berat badan. Obesitas yang terjadi pada keluarga dan menurun pada anak bisa jadi terjadi karena pola makan dan kebiasaan yang seragam di dalam keluarga tersebut.

Selain itu, kurang bergerak juga rentan menjadi penyebab terjadinya obesitas pada anak. Bila seharian anak banyak melakukan kegiatan pasif seperti menonton tivi atau bermain video games, pembakaran kalori dalam tubuh anak akan sedikit sekali sehingga anak mengalami kelebihan berat badan.

Pola makan yang tidak sehat juga dapat mengakibatkan terjadinya masalah obesitas pada anak. Apabila anak selalu makan dalam porsi besar dan berkali-kali ditambah anak tidak suka berolahraga, maka bayangan terjadinya obesitas akan semakin menghantui anak.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)