Sukses

Parenting

Beberapa Hal yang Meningkatkan Resiko Bayi Lahir Prematur

Ladies, laman mayoclinic.com menyampaikan bahwa hingga saat ini penyebab dari bayi lahir secara prematur secara spesifik masih belum diketahui secara jelas. Meskipun kelahiran prematur masih belum bisa diketahui penyebabnya secara pasti, namun ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya bayi lahir secara prematur.

Faktor penyebab bayi lahir prematur kebanyakan berasal dari ibu bayi yang pada saat mengandung mengalami beberapa hal berikut ini.
1. Mungkin sebelumnya ibu bayi sudah pernah mengalami kelahiran secara prematur, sehingga kelahiran sebelumnya memberikan efek pada kelahiran yang akan terjadi pada bayi yang berikutnya.
2. Memiliki bayi yang kembar juga bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami kelahiran bayi secara prematur.
3. Hamil lagi setelah melahirkan minimal dalam jangka waktu enam bulan, karena jarak waktu kehamilan yang terlalu berdempetan kurang dari enam bulan bisa menyebabkan kelahiran prematur pada kelahiran berikutnya.
4. Kerusakan organ reproduksi seperti rahim, servik, dan plasenta yang rusak akan meningkatkan resiko kelahiran prematur.
5. Terlalu banyak menghirup asap asap rokok, minum minuman keras, dan obat terlarang dapat menyebabkan bayi prematur.
6. Kondisi tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk mampu meningkatkan resiko kelahiran prematur, jadi ibu hamil harus menjaga berat badannya dengan baik.
7. Menderita diabetes dan tekanna darah tinggi.
8. Memiliki tekanan hidup yang berat, stres.
9. Bentuk rahim yang tidak normal.

Karena penyebabnya yang belum pasti diketahui, saat sedang hamil Anda sebaiknya menjauhi hal-hal buruk di atas agar resiko kelahiran secara prematur dapat dihindari.

Oleh: Dimas Galih Wijaya

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading