Sukses

Parenting

Menghindari Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur merupakan gangguan kehamilan yang sangat serius. Kelahiran prematur terjadi begitu cepat, menimpa banyak ibu hamil.

Sayangnya, banyak wanita yang tidak mengetahui tanda-tanda kelahiran prematur. Deteksi dini akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur atau membantu menjaga kahamilan anda sehingga memberikan kemungkinan lebih bagi bayi anda untuk hidup.

Tidak ada metode pasti yang dapat membantu mencegah terjadinya kelahiran prematur, tetapi laman pregnancy.about.com melansir ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. Infeksi pada vagina
Infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri vaginosis, dan lain-lain semua dapat menyebabkan persalinan prematur. Bila mengalami gejala infeksi itu, sebaiknya ladies memeriksakan pada dokter dan diobati bila perlu. Hal itu akan membantu mengurangi resiko pecahnya air ketuban secara dini dan kontraksi prematur.

2. Menjaga kadar cairan tubuh
Menghindari dehidrasi juga dapat mencegah terjadinya kontraksi dini. Ketika anda mengalami dehidrasi, oksitosin dalam darah akan meningkat, sehingga dapat mengakibatkan kontraksi. Ingat lho ladies, haus bukan merupakan tanda dehidrasi.

3. Memeriksakan kehamilan secara rutin
Terkadang, apa yang anda kira merupakan gejala kehamilan normal,tak jarang itu merupakan tanda persalinan prematur. Dengan memeriksakan kehamilan secara rutin kepada dokter atau bidan, tanda persalinan dini akan lebih terdeteksi sehingga resiko lebih lanjut dapat dihindari.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading