Sukses

Parenting

Gejala Anoreksia Pada Anak-Anak dan Remaja

Pernahkah Anda mendengar istilah anoreksia, Ladies? anoreksia adalah gangguan makan atau eating disorder yang membuat seseorang menghindari makan dan menyebabkan berat badan menurun di bawah normal dan kekurangan nutrisi. Pada beberapa kasus, anoreksia yang parah bisa membahayakan nyawa. Anda tentunya tidak bisa membayangkan bukan bagaimana bila anoreksia menyerang buah hati Anda.

anoreksia tidak hanya terjadi pada orang dewasa lho, Ladies. Bahkan, menurut webmd.com, anoreksia lebih sering terjadi pada mereka yang masih remaja karena remaja lebih mudah dipengaruhi jalan pikiran dan keadaan psikologisnya lebih rentan. Keinginan untuk menurunkan berat badan, memiliki bentuk tubuh yang lebih indah dan lain sebagainya seringkali membuat remaja kehilangan rasa percaya diri dan membuatnya ingin untuk mencoba diet, latihan tubuh yang keras, bahkan ada yang memiliki rasa antipati terhadap makanan.

Hal ini tentunya tidak baik untuk remaja, terutama karena mereka masih memerlukan banyak nutrisi untuk pertumbuhan tubuhnya. Tentunya ketika nutrisi tersebut berkurang secara drastis akibat mengurangi makanan. Pada remaja gejala anoreksia seringkali jarang memiliki tanda-tanda tertentu. Hal ini tentunya menyulitkan kita untuk mengontrol buah hati kita ketika mereka tiba-tiba mengurangi porsi makan, menolak makan makanan yang mereka sukai, atau bahkan jarang makan bersama keluarga. Bila Anda melihat hal-hal semacam ini terjadi pada buah hati Anda yang menginjak masa remaja, ada baiknya Anda mengajaknya bicara, Ladies. Karena semua masalah semacam ini biasanya bersumber dari masalah sosial atau psikologis mereka.

Oleh: Mamor Adi P.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading