Menjaga Kesehatan Balita dari Kegemukan

Fimela03 Mar 2014, 13:41 WIB

Pastinya semua Bunda tidak ingin agar balita kegemukan, karena balita yang terlalu gemuk cenderung akan mengalami obesitas seiring bertambahnya umur. Jaga kesehatan balita dari kegemukan dengan melakukan pencegahan-pencegahan berikut, seperti dilansir dari mayoclinic.com:

- Amati kenaikan berat badan Bunda selama masa-masa kehamilan
Semakin besar kenaikan berat badan Bunda saat masih hamil, maka akan semakin besar pula berat badan si kecil saat dilahirkan. Studi mengatakan bahwa kenaikan berat badan selama masa kelahiran berbanding lurus dengan risiko terjadinya obesitas pada si kecil.

Tapi jangan sampai hal ini membuat Bunda takut makan ya saat hamil. Bunda harus tetap menjaga asupan gizi Bunda, tapi secukupnya saja.

- Berikan ASI selama mungkin
Pemberian ASI cenderung mengurangi risiko terjadinya obesitas pada si kecil. Studi mengatakan bahwa balita yang diberi ASI lebih mudah mengendalikan nafsu makannya dibandingkan dengan balita yang minum susu formula.

- Jangan berikan jus kepada bayi di bawah umur 6 bulan
Cukup berikan jus kepada si kecil apabila si kecil mengalami konstipasi. Setelah umur si kecil sudah di atas 6 bulan, berikan dia jus secukupnya saja. Sajikan di gelas kecilnya, dan jangan menggunakan gelas besar. Takaran yang disarankan per hari adalah 118 mililiter.

- Coba berbagai macam cara untuk menenangkan balita
Ketika si kecil menangis, jangan langsung berikan susu formula atau ASI. Coba tenangkan dia menggunakan cara-cara lain terlebih dahulu. Kalau dia memang lapar, baru Bunda berikan ASI atau susu formula.

Coba praktikkan ya Bunda, dan jangan lupa untuk periksa berat badan si kecil secara rutin.


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)