Sukses

Parenting

Apa Sih Emboli Ketuban Itu?

Ladies tentunya sudah akrab ya dengan yang namanya cairan ketuban. Nah, bagaimana dengan emboli ketuban? Apakah Ladies juga sudah mengenalnya dengan baik?

Nah, berikut ini akan kita bahas lebih lanjut tentang apa itu emboli ketuban. Menurut intensivecare.hsnet.nsw.gov.au, emboli ketuban ini adalah kasus komplikasi yang sangat jarang terjadi, namun membahayakan nyawa si ibu hamil.

Emboli ketuban ini bisa terjadi ketika masih dalam masa-masa hamil, atau ketika proses persalinan. Yang fatal, emboli ketuban ini bisa menyebabkan kematian.

Emboli ketuban ini terjadi ketika cairan ketuban masuk ke dalam sistem peredaran darah ibu. Cairan ketuban ini sendiri adalah cairan yang melindungi bayi selama masih dalam kehamilan.

Pastinya, Ladies, cairan ini berfungsi untuk menyediakan nutrisi untuk buah hati dalam kandungan. Nah, lalu bagaimana bisa cairan ketuban ini masuk ke dalam sirkulasi darah?

Melansir ulang dari dari sumber yang sama, air ketuban ini bisa masuk ke dalam sirkulasi darah melalui sobekan yang ada di uterus atau serviks selama proses persalinan.

Namun, dikatakan bahwa sebenarnya emboli ketuban ini juga belum diketahui prosesnya dengan jelas. Tapi, secara umum diperkirakan terbagi ke dalam 2 fase.

Yang pertama, air ketuban yang masuk ke dalam sirkulasi darah ini akan menyerang pembuluh darah yang ada di dalam paru-paru. Dan yang kedua, ibu hamil akan mengalami kehilangan darah dalam jumlah yang sangat besar dari uterus.

Nah, sudah kenal dengan emboli ketuban kan sekarang? Semoga menambah pengetahuan kita ya, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading