Sukses

Parenting

Pemberian Kolostrum pada Bayi Prematur

Kelahiran prematur memang tidak pernah diharapkan oleh orang tua manapun ya, Moms. Semua orang tua menginginkan anaknya lahir di waktu yang tepat. Waktu yang tepat ini biasanya adalah minggu ke-37 atau lebih usia kehamilan anda. Namun terkadang harapan itu tinggallah harapan. Anda harus bisa menerima bahwa bayi anda lahir secara prematur. Namun, apakah peran dan pemberian kolostrum akan berubah pada kasus seperti ini?

Banyak informasi yang mengatakan bahwa kolostrum adalah ASI yang diproduksi sejak anda masih mengandung hingga waktunya anda melahirkan. Jika anda melahirkan secara prematur, logikanya kolostrum anda belum matang benar dan mungkin belum bisa diberikan kepada bayi anda. Apakah perkiraan ini benar adanya kira-kira, Ladies?

Perkiraan ini ternyata tidak benar. Diutarakan dalam bellybelly.com.au, kolostrum yang anda produksi sebelum kehamilan anda mencapai minggu ke-37 tetapi sudah keburu melahirkan ini bahkan memiliki kandungan antibodi yang jauh lebih banyak dari semua jenis ASI yang anda produksi. Antibodi inilah yang paling dibutuhkan bayi premature anda agar tetap kuat.

Maka dari itu, jika anda melahirkan secara prematur, tetap susuilah bayi anda selama beberapa hari pertama setelah anda melahirkan tersebut. Usahakan ia meminum sebanyak mungkin kolostrum yang anda produksi. Dengan begitu, bayi prematur anda akan menjadi lebih kuat dengan cepat dan bisa cepat-cepat juga anda bawa pulang.

Oleh : Meilia Hardianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading