Sukses

Parenting

Ketuban Keruh Pertanda Ketuban Sedikit

Hal yang patut untuk diperhatikan dan selalu dijaga keseimbangannya dalam proses kehamilan adalah tidak hanya makanan, tetapi juga ketuban yang ada di dalam rahim agar tidak terjadi ketuban keruh.

Mungkin banyak dari Ladies yang tidak mengetahui hubungan antara jumlah cairan ketuban dan warna ketuban. Padahal, mengetahui seluk beluk ketuban itu penting lo, Ladies, agar persiapan menuju kehamilan maupun kelahiran dapat disiapkan sebaik mungkin.

Tahukah Anda bahwa ada hubungan antara warna dan jumlah cairan ketuban. Pada kondisi normal, dilansir dari anneahira.com, air ketuban haruslah tetap dalam kondisi yang mencukupi.

Jika volume air ketuban kekurangan atau kelebihan, maka akan menyebabkan terganggunya fungsi dari air ketuban tersebut. Nah, kekurangan air ketuban ini salah satunya ditandai oleh keruhnya warna air ketuban yang semula berwarna bening.

Penyebab kekeruhan air ketuban adalah sebagai berikut:
• Terjadi kebocoran pada air ketuban
• Kehamilan yang melebihi waktu
• Jumlah cairan yang ditelan janin
• Terjadi kelainan janin yang berhubungan dengan kelainan pada sistem saluran kemih, ginjal yang tidak tumbuh normal, atau penyumbatan saluran kemih

Menurut laman bidanku.com, air ketuban keruh yang berwarna hijau bahkan hingga berwarna hitam akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada bayi apabila tidak segera ditangani. Jadi Ladies, jangan sampai Anda tidak mengerti kondisi dan warna ketuban di dalam kandungan Anda.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading