Sukses

Parenting

Cegah Bahaya Ketuban Keruh Lebih Jauh

Ketuban keruh sangatlah penting untuk diketahui lebih jauh oleh para ibu hamil. Hal ini karena akibat yang ditimbulkan oleh ketuban keruh bukan hanya berpengaruh pada kehamilan. tetapi juga pada kesehatan bayi.

Oleh karena itu, sangat baik untuk ibu hamil untuk melakukan pencegahan dini agar ketuban tidak menjadi keruh atau paling tidak ibu hamil mengetahui apa saja ciri-ciri ketuban keruh.

Sama dengan pencegahan, penanganan pun dapat dilakukan sedini mungkin. Dilansir dari kidshealth.org, sangat penting bagi ibu hamil untuk menghubungi dokter dengan segera jika menemui mekonium ada dalam cairan ketuban ketika ketuban pecah. Lebih jelasnya, ketuban yang mengandung mekonium di dalamnya akan berwarna lebih keruh dan hijau gelap daripada biasanya.

Dokter akan menggunakan monitor janin selama proses kelahiran untuk mengamati detak jantung bayi sebagai pertanda stress pada bayi. Dalam beberapa kasus, dokter akan menganjurkan amnionfusi, yaitu pengenceran atau penipisan cairan ketuban dengan menggunakan garam untuk mengeluarkan mekonium dari kantong ketuban sebelum bayi menelan cairan tersebut.

Walaupun ketuban keruh merupakan permasalahan yang patut dikhawatirkan oleh orangtua ketika proses kelahiran tiba, banyak kasus ketuban keruh yang dapat diatasi dengan baik dan tidak sampai mengancam keselamatan bayi.

Dokter akan segera mengambil tindakan dengan memonitor bayi di dalam perut jika terjadi stress pada bayi. Jika ditemukan tanda-tanda stress pada bayi, maka penanganan lebih lanjut akan segera dipersiapkan dan dilakukan.

Jadi, tidak perlu takut untuk menghadapi ketuban keruh yang terjadi pada proses persalinan. Yang paling penting adalah Anda sudah mengerti ciri dari ketuban keruh dan bagaimana penanganannya agar lebih siap menghadapi persalinan.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading