Sukses

Parenting

Emboli Ketuban, Dipicu Beberapa Faktor

Ladies, seperti yang kita tahu, penyebab emboli ketuban ini memang belum secara jelas diketahui, bahkan oleh tenaga medis profesional sekalipun. Nah, karena penyebabnya belum secara pasti diketahui inilah, maka beberapa faktor “dicurigai” sebagai faktor penyebab emboli ketuban ini, berdasarkan beberapa kasus persalinan tentunya.

Melansir ulang dari mayoclinic.com, salah satu faktor yang dimaksud adalah melahirkan dengan induksi. Ini adalah cara untuk mempercepat kehamilan secara normal. Untuk mempercepat kontraksi pada rahim, dokter akan memberikan obat yang disebut dengan oxytocin.

Namun, lagi-lagi, penelitian tentang hubungan kelahiran induksi dengan emboli ketuban ini belum ada yang dengan gamblang menjelaskan hubungannya.

Selain kelahiran induksi, ternyata operasi sesar juga disinyalir bisa memicu terjadinya emboli ketuban ini. Prosedur yang dilakukan saat operasi sesar inilah yang meningkatkan resikonya.

Selanjutnya, genetik juga disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang memicu terjadinya emboli ketuban. Untuk faktor yang satu ini, para ahli sudah sepakat nih Ladies. Jadi, untuk Ladies yang tidak mempunyai riwayat emboli ketuban dari ibu ataupun nenek, bisa sedikit bernafas lega ya.

Nah, oleh karena itu, penting sekali untuk memperhitungkan dan mempersiapkan semua kondisi dengan dokter sebelum persalinan dimulai. Karena, kalau emboli sudah terjadi, Ladies dan dokter tak punya waktu lagi untuk berpikir panjang.

Ladies, yang harus tetap diingat,emboli ketuban ini tidak bisa diprediksi, dan juga tidak bisa dicegah. So, lebih hati-hati ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading