Sukses

Parenting

Emboli Ketuban Akibatkan Komplikasi

Ladies, tentu kita semua berharap proses persalinan berjalan lancar ya. Segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik nih menjelang kelahiran si buah hati. Jangan sampai terjadi emboli ketuban. Wah, apa sih sebenarnya emboli ketuban ini, Ladies?

Ya, emboli ketuban ini adalah proses masuknya air ketuban ke dalam sirkulasi darah ibu. Yang pastinya, ini akan menyebabkan masalah tersendiri untuk tubuh ibu.

Seperti yang dilansir oleh mayoclinic.com, emboli ketuban dapat menyebabkan komplikasi yang serius untuk ibu dan juga bayi. Dinyatakan lebih lanjut kalau Ladies mengalami emboli ketuban ini, Ladies akan memiliki resiko untuk mengalami gangguan pada otak.

Emboli ketuban ini akan mengakibatkan suplai oksigen ke dalam tubuh Ladies menjadi berkurang. Dan secara otomatis, suplai oksigen ke otak pun juga berkurang. Seperti yang kita tahu, otak adalah bagian tubuh yang paling banyak membutuhkan suplai oksigen.

Efeknya tidak main-main lho, Ladies. Yaitu kerusakan saraf yang permanen, atau berhentinya kerja otak secara total. Berbahaya, bukan?

Nah, selain itu, kalau Ladies mengalami emboli ketuban ini, pastinya akan menjalani proses perawatan intensif yang lebih lama di rumah sakit. Lamanya tentu bergantung pada seberapa parah komplikasinya, mungkin sampai beberapa minggu atau bulan.

Sumber yang sama menyatakan kalau sekitar 10 persen kematian ibu hamil yang ada di beberapa negara berkembang terjadi karena adanya emboli ketuban ini. Miris, bukan?

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading