Sukses

Parenting

Ciri Air Ketuban: Sudah Tak Wajar Bila Tunjukkan Tanda-tanda Ini

Air ketuban adalah salah satu substansial yang paling berpotensi untuk menimbulkan masalah di dalam kandungan Ladies. Seperti misalnya air ketuban yang keruh, atau yang sudah bocor sebelum waktunya. Nah, lalu apa saja ya ciri air ketuban yang memiliki masalah ini, Ladies?

Seperti yang dilansir oleh miscarriage.about.com, warna yang tidak normal menjadi salah satu cirinya. Seperti yang kita tahu, air ketuban ini normalnya berwarna bening atau sedikit kekuningan.

Nah, yang tidak normal adalah ketika air ketuban ini berwarna kehijauan, coklat, atau nampak seperti ada sedikit darah di dalamnya. Ladies, tahu gak sih kalau secara umum, warna hijau atau kecoklatan pada air ketuban ini mengindikasikan kalau si kecil sudah poop di dalam, atau yang sering kita sebut dengan mekonium.

Wah, lalu bagaimana dengan air ketuban yang berwarna agak gelap? Ya, ternyata air ketuban yang berwarna agak gelap ini juga mengindikasikan adanya masalah, dan bisa dideteksi dengan menggunakan sebuah alat yang dinamakan Intrauterine Fetal Demise atau yang biasa disebut dengan IUFD.

Nah, kalau di dalam air ketuban ini terdapat sedikit darah yang nampak dari warnanya yang sedikit kemerah-merahan, terutama ketika proses persalinan berlangsung, maka ini artinya serviks sudah mulai membuka sedikit demi sedikit. Atau juga, ini mengindikasikan kalau ada masalah dengan plasenta.

Selain dari warnanya, ciri air ketuban yang bermasalah ini juga bisa dilihat dari baunya. Jika baunya sangat kuat dan menyengat, ini biasanya adalah tanda terjadinya infeksi yang ada di dalam.

Jadi, kalau sewaktu-waktu Ladies menemui air ketuban sedikit keluar dari vagina, dan baunya menyengat, segera hubungi dokter ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading