Sukses

Parenting

Ciri Air Ketuban: Kenali Jumlahnya, Normalkah? Terlalu Banyakkah?

Mengapa pengetahuan tentang air ketuban ini penting untuk dibahas, Ladies? Ya, ini karena air ketuban memegang peranan yang sangat vital untuk tumbuh kembang bayi. Lalu, air ketuban yang seperti apa sih yang normal itu, Ladies? Yuk pelajari beberapa ciri air ketuban berikut ya.

Ladies, seperti yang sudah kita ketahui, fungsi air ketuban ini sangatlah penting. Seperti yang ditulis oleh pregnancy.familyeducation.com, air ketuban ini memiliki peranan yang penting untuk perkembangan paru-paru bayi, juga pertumbuhan organ-organ yang lainnya.

Selain itu, air ketuban juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan protein si kecil, dan juga menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat.

Melansir ulang dari pregnancy.lovetoknow.com, air ketuban bisa dikatakan dalam kondisi yang normal apabila jumlahnya meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Kalau jumlahnya tidak mengikuti standar yang seharusnya? Maka, pasti ada masalah dengan kehamilan ya.

Nah, untuk itulah Ladies, air ketuban ini adalah salah satu aspek yang sangat diperhatikan ketika perawatan selama menjelang proses persalinan yang dilakukan secara rutin. Jumlah air ketuban ini dimonitor dengan menggunakan tes ultrasound, serta untuk melihat perkembangan dan pertumbuhan si kecil.

Normalnya, air ketuban berjumlah 800 ml menjelang minggu ke 38. Setelah itu, jumlahnya menurun. Nah, barulah saat proses persalinan sudah dekat, sekitar minggu ke 40, jumlah normalnya adalah 600 ml.

Nah, sudah tahu kan Ladies, bagaimana ciri air ketuban yang normal itu. Lalu, normalkah air ketuban Anda? Segera cek ke dokter ya.

Oleh: Septia Ningrum

l

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading