Sukses

Parenting

Ciri Air Ketuban: Bocor Karena Amniocentesis

Ladies, kalau ketuban kita bocor, pasti ada cairan yang keluar dari vagina ya. Namun, kita kadang-kadang bingung apakah ini urin, keputihan, atau memang cairan ketuban. Seperti yang kita tahu Ladies, bocornya air ketuban ini merupakan salah satu ciri air ketuban yang tidak wajar ya.

Nah, ada yang mengatakan kalau yang paling susah adalah membedakan antara air ketuban dan urin. Ini karena si buah hati semakin besar, dan menekan ke arah kandung kemih. Jadi, Ladies akan lebih sering buang air kecil walaupun urin yang ada belum terlalu banyak.

Sebenarnya, apa sih penyebab air ketuban ini keluar sampai ke vagina? Melansir ulang dari mayoclinic.com, amniocentesis adalah salah satu penyebab dari air ketuban bocor ini.

Tahukah apa amniocentesis ini, Ladies?

Jadi, amniocentesis ini adalah tes prenatal yang dilakukan kepada kepada ibu hamil dengan cara mengambil sampel air ketubannya. Tujuannya, yaitu untuk mengetahui apakah bayi di dalam kandungan dalam kondisi yang baik-baik saja. Tes ini biasa dilakukan di minggu-minggu ke 16 sampai dengan 22.

Tes inilah yang dikatakan beresiko untuk menyebabkan bocornya air ketuban, Ladies. Namun, memang kasus ini frekuensinya tidak terlalu tinggi. Kalau memang ini terjadi di minggu-minggu mendekati proses persalinan, maka akan segera dilakukan persalinan secara normal.

Walaupun frekuensinya sangat rendah, kalau ini sudah terjadi, maka akan menimbulkan masalah untuk tulang si kecil lho, Ladies.

Nah, sudah mengerti kan? Semoga menambah pengetahuan kita ya, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading