Sukses

Parenting

Apakah yang Dimaksud dengan ASI Kolostrum Itu?

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pasti sering sekali mendengar soal ASI kolostrum. Well, apa sih ASI kolostrum itu? ASI kolostrum adalah cairan kental berwarna kekuningan yang dikeluarkan oleh payudara selama beberapa hari setelah melahirkan. ASI kolostrum juga bertekstur agak kasar. Hal ini disebabkan kandungan butiran lemak dan sel-sel epitel.

ASI kolostrum disebut juga dengan pra–susu” atau ASI pertama karena keluarnya sebelum ASI benar-benar matang dalam 10 hingga 14 hari setelah melahirkan. ASI kolostrum disebut juga dengan susu jolong.

 

ASI ini kaya akan protein, immuno-globulin, vitamin A, B6, B12, C, D, dan K, serta beberapa zat anti-infeksi seperti laktoferin dan lisozim.Protein dalam kolostrum sekitar dua kali lebih banyak dari pada ASI matang. ASI ini juga mengandung beberapa jenis asam amino yang tidak terdapat dalam ASI matang.

ASI kolostrum ini juga memiliki kadar gula yang rendah. Hal ini berguna untuk mengimbangi tingginya kadar gula darah pada bayi yang baru lahir.

ASI kolostrum ini sangatlah penting untuk pelindung tubuh. Selain itu ASI ini akan menjaga sistem pencernaan bayi agar berfungsi dengan lancar dan baik.

Jangan kaget jika aliram ASI ini sedikit lambat. Ini karena teksturnya yang kental dan kasar. Meski demikian ini sangat memungkinkan bayi untuk belajar cara menghisap ASI, bernapas dan juga menelannya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading