Bayi Prematur Lebih Membutuhkan Manfaat Kolostrum

Fimela07 Mei 2014, 19:46 WIB

Semua bayi yang baru lahir perlu mendapatkan manfaat kolostrum. Termasuk bayi yang lahir sebelum 9 bulan 10 hari, alias bayi premature. Bayi yang lahir premature lebih membutuhkan kolostrum dibanding bayi yang lahir pada usia kandungan normal.

Seperti menurut situs bellybelly.com.au, kolostrum yang dihasilkan oleh ibu yang melahirkan premature ternyata mengandung lebih banyak zat antibody dibandingkan kolostrum yang dihasilkan oleh ibu yang melahirkan pada usia kandungan 9 bulan.

Bayi premature normalnya perlu mendapat perawatan yang intensif selama kurang lebih dua bulan di rumah sakit sebelum akhirnya diperbolehkan pulang. Bahkan tak jarang bayi premature baru bisa pulang setelah lebih dari dua bulan karena kondisi kesehatannya yang masih lemah.

Namun, dengan pemberian kolostrum, ceritanya akan berbeda. Bayi yang merasakan manfaat kolostrum dapat pulang dari rumah sakit lebih cepat karena kondisi kesehatannya yang lebih cepat membaik. Bayi premature yang mendapatkan manfaat kolostrum pun juga lebih berpeluang besar untuk bebas dari berbagai macam penyakit.

Jadi, dengan adanya manfaat dari kolostrum, bayi premature akan memiliki kondisi kesehatan yang lebih kuat dan sehat.

Oleh karena itu, bagi anda yang melahirkan premature, jangan buang-buang waktu lagi. Setelah proses bersalin anda selesai dan bayi anda telah keluar dari rahim, segera susui bayi anda.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)