Sukses

Parenting

Imunisasi Pada Bayi – Waktu dan Dosis Imunisasi Hepatitis B

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang penyakit hepatitis B ya, Ladies. Penyakit ini disebabkan oleh sebuah virus yang bernama HBV. Penyakit ini menular lho, Moms. Penularannya melalui cairan yang ada di dalam tubuh anda. Hepatitis ini juga bisa menyerang bayi anda. Untuk menghindari hal ini terjadi, anda perlu melakukan imunisasi pada bayi anda.

Imunisasi yang dimaksudkan ini tentunya adalah imunisasi hepatitis B, Moms. Dikemukakan dalam uptodate.com, imunisasi ini perlu diberikan pada bayi anda sebanyak 3 kali. Pemberian imunisasi yang satu ini pun tidak bisa sembarangan dan semau anda saja, Ladies. Imunisasi hepatitis B ini harus diberikan sesuai jadwal yang ditentukan.

Seperti yang disebutkan di atas, imunisasi yang satu ini harus diberikan sebanyak 3 kali kepada bayi anda, Ladies. Saat pertama imunisasi hepatitis B ini harus diberikan adalah pada saat bayi anda baru saja dilahirkan. Waktu yang tepat untuk melakukan imunisasi ini adalah hari pertama atau kedua setelah anda melahirkan bayi anda tersebut.

Imunisasi hepatitis B ke-2 diberikan satu bulan setelah imunisasi pertama tersebut diberikan. Sementara itu, imunisasi hepatitis B terakhir untuk bayi anda bisa diberikan pada saat ia sudah mencapai usia 6 bulan. Imunisasi hepatitis B yang kali ini memiliki rentang waktu yang cukup panjang. Anda bisa memilih memberikannya pada bayi anda pada saat bayi anda berusia 6 hingga 18 bulan.

Oleh : Meilia Hardianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading