Sukses

Parenting

Imunisasi DPT – Salah Satu Jenis Imunisasi Pada Bayi

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang imunisasi DPT ya, Moms. Anda bahkan sudah pernah mendapatkan imunisasi yang satu ini ketika anda masih bayi dahulu. Setelah dahulu sudah pernah diberikan imunisasi ini, sekarang giliran anda untuk memberikan imunisasi yang sama pada bayi anda. Imunisasi pada bayi yang satu ini berguna untuk mencegah timbulnya 3 jenis penyakit sekaligus pada bayi anda.

Anda mungkin belum tahu apa kepanjangan dari DPT ini ya, Ladies. Kepanjangan dari DPT ini ternyata adalah difteri, tetanus dan pertussis. Ketiga jenis penyakit ini memiliki kemungkinan yang tinggi untuk menyerang bayi anda yang notabene masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Oleh karena itu, kombinasi dari imunisasi ketiga virus penyakit tersebut harus diberikan.

Dijabarkan dalam uptodate.com, pemberian imunisasi DPT ini dilakukan sebanyak 5 kali. Imunisasi pertama diberikan pada saat bayi anda sudah berusia 2 bulan. Selanjutnya, imunisasi ini harus diberikan lagi ketika usia bayi anda sudah memasuki 4 bulan. Imunisasi berikutnya diberikan pada saat bayi anda menginjak usia 6 bulan.

Setelah ketiga imunisasi tersebut dilakukan, masih ada 3 imunisasi DPT lagi yang menunggu untuk diberikan kepada bayi anda, Ladies. Imunisasi DPT berikutnya bisa diberikan ketika bayi anda berada dalam usia antara 15 hingga 18 bulan. Sementara itu, imunisasi DPT yang terakhir diberikan pada saat anak anda sudah berusia 4 hingga 6 tahun

Oleh : Meilia Hardianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading