Sukses

Parenting

Kolostrum dan Imunisasi Bayi Pertama

Meski tidak tampak, bayi dilahirkan dengan bekal sistem kekebalan lho, Moms. Hanya saja, sistem kekebalan bayi masih belum bekerja secara sempurna. Namun, tidak perlu khawatir dengan kemungkinan buah hati anda mengalami permasalahan kesehatan karena imunisasi bayi yang pertama akan terjadi secara alami tanpa anda sadari

Ketika seorang ibu menyusui buah hatinya, air susu ibu pertama yang diminum oleh seorang bayi ketika disusui memiliki tidak hanya kandungan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi, tapi juga mengandung antibody serta hormon yang berfungsi untuk melindunginya dari serangan virus dan bakteri di luar rahim yang tentunya memiliki bahaya yang sangat besar terhadap bayi.

Antibody alami dan hormon yang diproduksi oleh tubuh seorang ibu dan diberikan lewat air susu pertama yang juga banyak dikenal dengan sebutan kolostrum ini melindungi dari dalam dengan membentuk sistem pertahanan terhadap virus dan bakteri.

Tidak hanya itu, kandungan antibody dalam kolostrum juga membantu mempercepat pertumbuhan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga bisa segera siap menghadapi kemungkinan datangnya serangan virus dan bakteri yang berasal dari luar lho, Moms

Maka dari itu, menurut kidshealth.org, menyusui ibaratnya adalah sebuah proses imunisasi yang pertama yang dialami oleh seorang bayi. Imunisasi ini tidak hanya alami, tapi juga pasti aman dan tidak perlu mengeluarkan biaya lho, Moms.

Oleh : Mamor Adi P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading