Sukses

Parenting

Imunisasi Bayi HBV Paska Persalinan

Salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang adalah Hepatitis. Faktanya, Hepatitis B, penyakit yang menyerang hati, bisa menyerang bayi paska persalinan. Bila dibiarkan, Hepatitis bisa berkembang menjadi sebuah cirosis atau kanker hati. Maka dari itu, memberikan buah hati anda imunisasi bayi HBV adalah langkah yang tepat untuk dilakukan sejak dini, Moms

Menurut kidshealth.org, saking pentingnya imunisasi yang satu ini, imunisasi HBV biasanya diberikan segera setelah bayi dilahirkan. Biasanya, imunisasi HBV akan diberikan di bawah 12 jam paska persalinan, Moms.

Imunisasi HBV perlu dilakukan lebih daripada satu kali lho, Moms. Imunisasi HBV biasanya direncanakan selama tiga kali dan semuanya diberikan sebelum dewasa. Meskipun tidak harus diberikan dalam kurun waktu yang berdekatan, imunisasi HBV yang paling baik diberikan ketika usia bayi belum mencapai 5 tahun.

Selain imunisasi pertama yang diberikan segera setelah lahir, ahli kesehatan percaya bahwa imunisasi HBV yang berikutnya akan diberikan pada usia 1-2 bulan. Sementara itu, imunisasi yang ketiga akan diberikan pada usia 6-18 bulan.

Pentingnya imunisasi HBV untuk bayi karena hepatitis B memiliki kemungkinan besar untuk menyebabkan permasalahan kesehatan pada bayi, Moms. Paska persalinan sekalipun, bayi sudah memiliki resiko untuk mengalami hepatitis, terlebih ketika terdapat riwayat kesehatan yang menunjukkan bahwa bayi memiliki kemungkinan besar untuk mengalami penyakit ini yang berasal dari lingkungan maupun orang tuanya.

Oleh : Mamor Adi P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading